Berpikir untuk Belajar? Ini Dia Kiat-Kiat Menaruh Meja Lipat yang Ampuh di Sekitar Hunian Anda!

notes-1734490_1920
Sumber: markusspiske

Praktis dan fleksibel merupakan nama tengah perabot hunian masa kini, tidak terkecuali meja belajar. Bukan hanya meja berukuran besar, berat, dan statis yang dijadikan pajangan dalam ruang pribadi penghuni apartemen atau rumah sewaan, namun meja yang bisa dilipat dan dibawa ke mana-mana juga menjadi tren belajar masa kini.

Meskipun kita dapat saja menjadi nyaman membawa meja lipat ini ke sekitar hunian yang kita tempati, ada beberapa saat di mana sesama penghuni terganggu dengan cara kita menaruh meja lipat di sekitar hunian kita.

Artikel ini akan membahas kiat-kiat menaruh meja lipat yang ampuh. Bukan hanya ampuh dalam hal meningkatkan daya tangkap atau kecerdasan, namun juga ampuh dalam menciptakan ketertiban antar penghuni hunian yang kita tempati.

Adapun kiat-kiat tersebut dijabarkan sebagai berikut:

1. Taruh Meja Lipat di Sekitar Ruang Pribadi Anda

notebook-1935686_1920
Sumber: vuralyavas

Kendati meja lipat bersifat fleksibel, meja lipat yang terlalu besar bisa saja mengganggu orang banyak. Karena itu, solusi atau cara terbaik pertama untuk menaruh meja lipat adalah di ruang pribadi kita.

Dalam beberapa hunian yang menekankan privasi (seperti apartemen yang hanya memiliki tipe kamar studio), hampir tidak ada penghuni lain yang memasuki ruang pribadi kita. Dalam ruang pribadi ini juga, kita dapat berkreasi dan berinovasi tanpa memusingkan keadaan penghuni di sekitar kita, termasuk meletakkan meja lipat.

Umumnya, orang-orang yang menaruh meja lipat di ranah pribadi hunian mereka cenderung menaruhnya di sekitar kamar tidur. Ada yang menaruh di dekat atau jauh dari kasur, di mana semuanya itu disesuaikan dengan gaya belajar masing-masing.

Kalau yang kamar mandinya bergabung dengan kamar tidur, bisa saja menaruh meja lipat di sekitar kamar mandi. Lagipula, berdasarkan pengalaman pribadi, kamar mandi dapat menjadi cikal-bakal timbulnya ide baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Baik itu di kamar mandi maupun kamar tidur, ketika kita menaruh meja lipat di ruang pribadi, tidak ada orang yang akan kerepotan. Karenanya, ini dia cara meletakkan meja lipat yang tertib.

2. Boleh Saja Ditaruh di Ruang Bacaan, Asalkan…

office-1078869_1920
Sumber: ErikaWittlieb

Sekilas, poin kedua ini mungkin terlihat kontradiktif dengan poin pertama. Bagaimana mungkin poin pertama menyarankan menaruh meja lipat di ruang pribadi, lalu di poin kedua yang disarankan justru menaruh di ruang bacaan yang identik dengan tempat umum pada sebuah hunian?

Tenang saja, karena berbeda dengan ruang “publik” lainnya, ruang bacaan memang dikhususkan untuk menampung hal-hal yang dapat menunjang kegiatan belajar-mengajar. Salah satunya adalah meja lipat yang biasanya digunakan untuk belajar.

Jadi, meskipun ruang bacaan adalah tempat publik, kita dapat menaruh meja belajar di ruang bacaan. Dengan catatan, kita tidak menaruhnya di tengah-tengah, yang berimbas pada sulitnya penghuni atau pengunjung ruang bacaan yang mau lewat.

Oh, ya, pastikan juga meja lipat berukuran agak kecil, agar tidak mengganggu penghuni lain yang mungkin juga ingin menaruh meja lipat di ruang bacaan.

3. Menaruh Meja Lipat di Area Gaming, Mengapa Tidak?

web-design-1953138_1920
Sumber: coffeebeanworks

Hingga saat ini, kecenderungan orang adalah berpikir lingkungan belajar yang tenang dan tanpa suara adalah lingkungan belajar yang optimal, karenanya meja belajar cocok ditempatkan di tempat-tempat demikian.

Namun tanpa mereka sadari, sesungguhnya ada beberapa kelompok orang yang lebih nyaman belajar dengan suara. Ada juga mereka yang teguh memegang prinsip, “Bermain sambil belajar,” di mana interaksi dengan karakter maupun interface game menjadi sesuatu yang mendorong semangat belajar mereka.

Karena saat ini banyak penghuni hunian yang memiliki karakter demikian, tidak ada salahnya menaruh meja lipat di sekitar area gaming. Menaruh meja lipat di area-area yang memicu adrenalin otak ini bukan hanya dapat merangsang otak untuk belajar, namun juga membantu menciptakan ketertiban.

Lagipula, game tidak harus identik dengan suara berisik, karena ada pula game yang dibuat dengan suara yang tenang. Game-game “tenang” ini aman dimainkan segala usia, sehingga bila disandingkan dengan meja lipat, tidak akan berpotensi mengganggu kenyamanan sekitar.

***

Bila ketiga cara menaruh meja lipat itu benar-benar kita patuhi, maka kita akan terhindar dari pelanggaran aturan yang mungkin terdapat dalam hunian yang kita tempati. Sebagai tambahannya, otak kita pun makin bernutrisi.

Leave a Reply