Tips dan Trik Mendesain Sendiri Ruang Kerja atau Ruang Belajar dalam Kamar Tidur Hunian

apple-1834328_1920
Sumber: Pexels

Multitasking menjadi sesuatu yang wajar untuk dilakukan selama beberapa tahun belakangan ini. Mengeluarkan energi berlebih untuk menjadi produktif adalah salah satu bukti terkuatnya, di mana saat ini, banyak orang yang menekankan keseimbangan kerja dengan belajar, di mana keduanya memerlukan energi yang tidak sedikit.

Di saat yang sama, kita sering diperhadapkan dengan keadaan hunian yang tidak lengkap dan berpotensi membuat bingung, misalnya apartemen unfurnished atau hunian murah meriah dengan fasilitas minim. Dalam hunian seperti demikian, seringkali memiliki satu unit kamar tidur merupakan hal yang sangat kita syukuri.

Kendati demikian, bukan tidak mungkin kamar tidur dapat dijadikan ruang kerja sekaligus ruang belajar. Berikut ini adalah tips dan trik mendesain sendiri ruang kerja atau belajar dalam kamar tidur yang telah terbukti ampuh dan menjadikan kita lebih produktif:

1. Letakkan Alat-Alat Produktivitas Sedekat Mungkin dengan Kasur

desktop-2325540_1920
Sumber: theglassdesk

Mengingat saat ini kerja dan kuliah online dari rumah menjadi naik daun, PC, laptop, atau alat elektronik sejenis mungkin dapat melintas di pikiran kita saat berpikir mengenai alat produktif penunjang ruang kerja atau belajar dalam kamar tidur.

Kendati demikian, ternyata alat produktivitas itu sendiri banyak macamnya. Misalnya, ada saat di mana kita butuh berkomunikasi dengan klien terkait pekerjaan atau dosen terkait matakuliah, di mana situs komunikasi lebih mobile-friendly dibandingkan PC-friendly. Jika demikian, smartphone dapat menjadi alternatif alat produktif penunjang ruang kerja sekaligus belajar kita.

Selain itu, masih banyak alat produktif yang sebenarnya tidak boleh dilupakan, seperti beberapa rim kertas HVS atau printer. Maka, ketika ada saat di mana instruktur kuliah atau klien meminta kiriman atau attachment yang digambar di kertas, kita akan lebih siap ketika semua itu dekat dengan jangkauan tangan kita.

Akan lebih baik apabila semuanya itu kita letakkan sedekat mungkin dengan tempat tidur. Alasannya, tempat tidur adalah tempat di mana kita mengakhiri atau memulai hari. Begitu kita bangun, kita akan menjadi lebih produktif karena langsung ingat dengan alat-alat produktivitas yang menunjang tugas yang siap menunggu.

2. Buat Penyimpanan Sendiri Terkait Media-Media Pendukung yang Ada

books-1617327_1920
Sumber: Marisa_Sias

Media-media pendukung berbeda dengan alat-alat produktivitas. Yang dimaksud dengan media-media pendukung kerja atau kegiatan belajar-mengajar online di sini kebanyakan berupa buku yang berkaitan, majalah, brosur iklan, atau map ordner berisi artikel-artikel atau jurnal ilmiah yang berkaitan dengan hal yang kita kerjakan.

Karena menyimpan media semacam ini tidak akan ada habisnya apabila tidak ada “tempat spesial”-nya, kita yang harus membuatkannya tempat spesial untuk memuat sekaligus memudahkan kita mencari media-media pendukung ini.

Bila media pendukung ruang kerja atau belajar sudah terlalu banyak, maka inilah saatnya kita membeli penyimpanan yang baru atau memindahkannya ke penyimpanan lainnya. Kemudian, berilah kode-kode seperti nama atau warna tertentu untuk media pendukung dan penyimpanan tertentu.

Untuk mempertajam ingatan, tidak ada salahnya membuat memo kecil-kecilan di sekitar tempat alat-alat produktivitas. Dampak positifnya, begitu kita bekerja atau mulai belajar, kita akan tahu tangan kita harus meraih media pendukung yang mana dan letaknya di penyimpanan yang mana.

3. Jangan Risih Pasang Reminder Waktu

business-257911_1920
Sumber: jarmoluk

Mungkin bukan hal yang aneh apabila hampir semua pekerjaan ada kaitannya dengan waktu, termasuk pekerjaan yang dilakukan di dalam rumah. Apalagi, saat ini cukup banyak pula pekerjaan yang dikerjakan di rumah namun waktunya mengikuti keadaan kantor pusat, di mana reminder waktu menjadi sesuatu yang tidak dapat ditawar-tawar.

Jangan salah, sebenarnya, belajar atau berkuliah online pun ada waktunya. Ada saat di mana kita harus mengumpulkan tugas atau berada dalam sebuah chatroom tertentu pada waktu yang telah ditetapkan. Ada saat di mana hari menjadi molor dan kita perlu menyesuaikan dengan jam atau kalender kita.

Omong-omong soal kalender, kita ingat artikel lalu membahas kamar tidur sebagai tempat peletakan kalender paling optimal. Dalam hal kamar tidur sebagai ruang multifungsi antara ruang kerja dan ruang belajar, letakkan kalender di tempat yang dekat dengan meja penampungan alat produktivitas, sehingga kita dapat langsung ingat begitu kita ketiduran atau bangun tidur.

Jangan takut pula untuk memasang alarm. Pastikan alarm yang dipasang berbunyi MP3 yang kita suka, sehingga kita akan semangat bangun dan memulai hari-hari di kamar tidur yang membuat kita makin produktif.

***

Itulah ketiga cara atau tips dan trik untuk mengakali kamar tidur sebagai ruang kerja sekaligus belajar yang membuat kita menjadi semakin produktif. Sekadar informasi, tips dan trik ini sama baiknya saat diterapkan dalam apartemen sewaan, rumah sewaan, atau pun apartemen dan/atau rumah tinggal.

Leave a Reply