Kelebihan Dan Kekurangan Tinggal Di Apartemen Tipe Loft

kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen tipe loftPerkembangan tren hunian vertikal yang semakin pesat membuat para pengembang pun semakin kreatif dalam berinovasi. Salah satunya dengan berkreasi pada desain interior. Jika umumnya pengembang menawarkan unit apartemen dengan tipe studio atau dua kamar tidur, saat ini mulai marak diperkenalkan apartemen dua lantai atau loft.

Apartemen dengan tipe loft atau loteng memang terkesan lebih luas, karena adanya tambahan ruang setengah lantainya. Mengapa dikatakan setengah lantai? Karena sebenarnya ruangan ini terdiri dari satu lantai namun memiliki jarak antara lantai dan plafon yang tinggi. Nah, diantara lantai dan plafon inilah dibuat sebuah lantai lagi yang biasanya tanpa sekat. Lantai itu dinamakan loft, dan digunakan untuk kamar tidur.

Meski terkesan luas dan menyenangkan, namun tinggal di apartemen tipe loft juga memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti berikut ini :

Kelebihan tinggal di tipe loft

  • Terasa luas dan lega

Unit apartemen tipe loft umumnya memiliki langit-langit yang tinggi yaitu sekitar 4 – 7 meter. Inilah yang membuat ruangan sekecil apapun akan terasa luas dan lega, sehingga Anda bisa bebas berkreasi memperindah ruangan.

  • Cahaya matahari cerah

Dengan model langit-langit yang tinggi, biasanya unit loft juga memasang jendela yang lebar. Jendela ini akan membantu pencahayaan ruangan khususnya di siang hari, sehingga ruangan bebas pengap dan terasa segar.

  • Detil gaya industrial

Karakteristik apartemen tipe loft adalah gaya industrial yang tercermin dari arsitekturnya. Anda bebas berkreasi seperti memasang dinding batu bata agar terlihat unik dan membawa kesan rileks.

Baca juga :

kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen tipe loftKekurangan tinggal di tipe loft

  • Suara menggema dan bising

Karena tipe loft sebenarnya satu lantai, sehingga jangan heran jika terasa sedikit bising. Minimnya penyekat pada unit loft seringkali membuat suara menyebar hingga ke seluruh ruangan. Namun jangan khawatir, hal ini bisa disiasati dengan strategi dekorasi ruangan yang tepat.

  • Tempat penyimpanan terbatas

Tipe loft juga minim akan dinding penyekat, sehingga lemari dan alat penyimpanan apapun terlihat tidak cocok dengan desain ruangan. Karenanya, Anda harus cerdas menyiasati ruang penyimpanan.

  • Perabot yang mahal

Karakter loft yang unik membuat Anda tidak mudah mendapatkan perabot yang cocok untuk ruangan. Sehingga Anda pun harus memesan model khusus atau custom dengan memakan biaya cukup besar pastinya.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen tipe loft. Namun hal ini tidak menjadi masalah jika Anda merasa lebih cocok memilih tipe loft daripada tipe-tipe apartemen lainnya. Kuncinya hanya pada strategi desain yang tepat sehingga tinggal di tipe loft menjadi jauh lebih nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply