Soal Kamar Mandi Apartemen, Mana yang Menjadi Pilihan Anda, Kamar Mandi Sendiri atau Kamar Mandi Bersama?

bathroom-1622403_1920
Sumber: leemelina08

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kamar selalu menjadi perhatian utama saat hendak memilih properti, termasuk saat hendak menyewa atau tinggal di apartemen. Sesudah kamar tidur yang sering menjadi “sasaran” inspeksi utama, ada kamar mandi yang tidak luput dari perhatian buyer masa kini.

Bukan hanya material pembentuk atau kondisi kamar mandi yang dilihat, namun juga keadaan kamar mandi yang bersangkutan. Di masa lalu, kita hanya tahu satu ruang khusus untuk penghuni dapat membersihkan diri di dalamnya. Seiring dengan berkembangnya jaman, mulai muncul banyak variasi kamar mandi, termasuk kamar mandi apartemen.

Dua yang paling sering disoroti adalah kamar mandi pribadi dan kamar mandi bersama. Bila kedua jenis kamar mandi apartemen ini diperbandingkan, mana yang Anda pilih?

Kamar Mandi Sendiri (Private Bathroom)

bathroom-1336167_1920
Sumber: midascode

Banyak yang beranggapan, kamar mandi sendiri merupakan fitur mewah dalam apartemen di seluruh dunia. Anggapan ini ada benarnya, mengingat kamar yang langsung terhubung dengan kamar mandi sendiri umumnya bertarif 2-3 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan yang kamar mandinya bersama.

Ditambah lagi, berdasarkan pengamatan saya, kamar mandi sendiri cenderung memiliki banyak fasilitas yang memperlakukan seorang penghuni secara khusus. Misalnya seperti yang terlihat di foto ini, di mana kita akan menjumpai sabun, shampoo, atau pencuci tangan berkualitas tinggi pada kamar mandi apartemen yang sifatnya privat atau sendiri.

Kamar mandi privat dalam sebuah apartemen memiliki luas yang tergantung dengan luas kamar dan luas lahan apartemen secara keseluruhan. Kamar mandi privat dalam apartemen mewah yang serba luas macam deretan apartemen termewah dan termahal di Jakarta atau Benson Tower di daerah mal Pakuwon Indah, Surabaya cenderung memiliki kamar mandi yang juga luas.

Ingat, ketergantungan akan luas keseluruhan ini berarti kamar mandi sendiri selalu luas. Nyatanya, kalau luas kamar atau lahan apartemen sempit, kamar mandinya juga ikut sempit. Lagipula, fasilitas kamar mandi apartemen yang privat lebih cocok dinikmati untuk Anda yang benar-benar dapat mengelola waktu dan sumber daya dengan baik. Kalau tidak, hmmm… Jangan harap ada yang menggedor-gedor pintu, karena ini adalah kamar mandi Anda sendiri!

Kamar Mandi Bersama (Shared Bathroom)

shower-670254_1920
Sumber: JamesDeMers

Berlawanan dengan private bathroom atau kamar mandi sendiri, kamar mandi bersama sering identik dengan sempit dan pengap beserta peralatan mandi yang serba “kecil”. Maklum, kebanyakan kamar mandi bersama di kamar apartemen seluruh dunia seperti demikian.

Jangan salah, karena justru kamar mandi apartemen yang seperti inilah yang benar-benar melatih mental dan ketangkasan kita. Bagi yang suka berlama-lama di kamar mandi, ini saatnya bagi mental kita untuk melupakan kenyamanan rumah dan beradaptasi pada kondisi apartemen yang ramai penghuni.

Dengan adanya kemungkinan penghuni lain yang menggedor-gedor pintu, kita akan lebih tangkas untuk meraih perlengkapan mandi yang kita perlukan demi tidak mengganggu kenyamanan penghuni lainnya. Kita pun akan semakin dapat membuka pikiran untuk menciptakan kenyamanan dalam kamar mandi apartemen bersama, bahkan meskipun luas kamar mandi apartemen terbatas.

Tidak seperti kamar mandi pribadi yang luasnya tergantung dengan luas kamar atau luas lahan, kamar mandi bersama cenderung memiliki luas yang tetap terlepas dari luas keseluruhannya. Kendati demikian, kita perlu mencermati jangan sampai tergoda memakai kamar mandi bersama yang laki dan perempuannya tidak dipisah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kita tidak dapat berharap banyak selain fasilitas yang seadanya, mengingat harganya murah.

***

Singkat cerita, kamar mandi sendiri memang mahal, namun fasilitas yang ada dapat memanjakan mereka yang benar-benar mampu mengelola waktu dan sumber daya yang dimiliki. Sementara itu kalau masih “belajaran”, lebih baik menyewa atau tinggal di apartemen dengan kamar mandi bersama. Di saat yang bersamaan, waspadalah untuk tidak tergoda dengan “penggabungan jenis kelamin”, karena ini dapat berakibat fatal meskipun harga keseluruhannya lebih murah.

Baik kamar mandi sendiri maupun kamar mandi bersama sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan yang harus kita pertimbangkan sebelum benar-benar tinggal dalam apartemen. Jadi, kamar mandi apartemen yang mana yang akan menjadi pilihan Anda?

Leave a Reply