Tips Mengatasi Dan Mencegah Kebakaran Di Apartemen

tips mengatasi dan mencegah kebakaran di apartemen

Kebakaran dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, tak hanya pada rumah tapak, namun bisa juga menimpa hunian vertikal atau apartemen. Dibandingkan dengan rumah tapak, kebakaran yang menimpa sebuah apartemen memiliki potensi bahaya yang lebih tinggi.

Hal ini tentu tak mengherankan, mengingat tingginya hunian apartemen dengan jumlah lantai yang tidak sedikit, termasuk sulitnya proses evakuasi ketika listrik otomatis terputus dan lift tidak berfungsi.

Sadar akan bahaya seperti ini, maka sebagai pemilik dan penghuni apartemen, Anda wajib tahu bagaimana cara mengatasi dan mencegah kebakaran di apartemen. Seperti penjelasan berikut ini.

Hidran atau alat pemadam

Pastikan bahwa di sekitar unit apartemen yang Anda tinggali terdapat hidran atau alat pemadam kebakaran berbentuk gas. Meskipun unit telah dilengkapi dengan sprinkler, sebaiknya sediakan pula tabung pemadam kebakaran dan benda lainnya untuk memadamkan api seperti selang air di dalam unit. Hal ini untuk berjaga-jaga dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

tips mengatasi dan mencegah kebakaran di apartemen
foto : brooklyn apartment fire/idighardware.com

Smoke detector

Secara standar, pihak pengelola apartemen pasti sudah menyediakan smoke detector di tiap lantai dan tiap unit apartemen. Tugas Anda adalah memastikan bahwa alat tersebut telah terpasang dengan layak dan masih berfungsi dengan baik.

Smoke detector berguna sebagai pendeteksi pertama jika terjadi percikan api atau kebakaran. Jika suatu saat alarm berbunyi dan semprotan air menyala, segeralah hubungi pengelola atau petugas terkait untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

Baca juga :

Jangan merokok sembarangan

Hindari kebiasaan merokok sembarangan seperti di dalam apartemen termasuk membuang puntung rokok tidak pada tempatnya. Nyala pada rokok yang belum mati sempurna dapat menimbulkan api jika terkena benda yang mudah terbakar. Asap rokok pun bisa membuat smoke detector menyala. Karenanya, merokoklah di luar unit apartemen, seperti di balkon atau di area khusus merokok yang telah disediakan pengelola.

Periksa kondisi listrik

Sebaiknya Anda juga memeriksa kondisi listrik di dalam unit secara berkala. Jika terdapat kabel yang rapuh atau aus segera minta perbaikan atau penggantian. Ini untuk meniadakan peluang terjadinya kebakaran. Selain itu, periksa juga kondisi kompor gas yang digunakan memasak, jangan sampai ditemukan kebocoran yang berpotensi terjadinya ledakan.

Kenali jalur evakuasi

Selain perlengkapan untuk mencegah kebakaran, Anda juga wajib mengenali jalur evakuasi yang disediakan pengelola. Hal seperti ini yang seringkali luput dari perhatian penghuni apartemen, sehingga mereka mudah panik jika terjadi kebakaran.

Kenali jalur yang aman dari unit yang Anda tempati hingga ke tempat yang disediakan. Ketahui pula letak pintu dan tangga darurat agar Anda tetap tenang jika sewaktu-waktu menghadapi bahaya kebakaran.

Kita semua pasti tidak menginginkan bahaya apapun menimpa kita. Oleh karenanya berjaga-jaga lebih baik untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan. Semoga beberapa tips di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply