Pemilik Apartemen Wajib Baca: Ini Dia Ide-Ide Unik Kunci Apartemen yang Aman

key-74534_1920
Sumber: flober81

Bagi seorang pemilik properti jenis apapun, entah itu rumah atau apartemen, kunci adalah segala-galanya. Tanpa kunci, kita tidak akan dapat mengakses barang-barang dalam ruangan yang kita tinggali, termasuk untuk apartemen.

Kenyataannya, manfaat kunci apartemen ini sering dilupakan oleh banyak penghuni apartemen beberapa tahun belakangan ini. Hasilnya, banyak kejadian tidak diinginkan yang ujung-ujungnya berpotensi merugikan pemilik apartemen, seperti kasus pencurian perhiasan dan barang-barang berharga lainnya.

Berdasarkan yang saya amati, ini sering terjadi pada apartemen-apartemen yang hanya memiliki kunci model “kuno” seperti kunci Inggris. Oleh karena itu, artikel yang membahas mengenai berbagai macam ide kunci kreatif ini ditujukan untuk para pemilik apartemen dalam rangka mengamankan apartemen yang mereka jual.

Adapun ide-ide kunci unik berikut ini dapat diaplikasikan untuk pemilik apartemen yang baru atau berukuran kecil. Mari kita lihat ulasannya berikut ini:

1. Kunci Warna-Warni

key-1960227_1920
Sumber: fotoerich

Kendati bunyinya sederhana, namun ide kunci kreatif satu ini cocok diterapkan untuk segala situasi. Apartemen dengan penghuni sedikit atau penghuni yang mayoritas lebih dapat menangkap warna dibandingkan huruf merupakan tempat terbaik penerapan ide kunci kreatif ini.

Dengan adanya pembagian warna, orang tidak akan lupa karena setiap orang memiliki “warna”-nya sendiri-sendiri. Kalau pun ada rumpun warna yang sama (misal: Hijau dengan hijau muda, atau hijau laut, atau biru laut dengan biru dongker, dan lain-lain), hal tersebut tetap bisa dibedakan. Selain itu, warna-warna unik akan membuat orang lebih mudah mengingat kesan bahagia yang didapat selama tinggal di apartemen.

Bagi Anda para pemilik apartemen berpenghuni sedikit, Anda dapat memberikan variasi kunci apartemen per nama lengkap tiap penghuni. Hindari memberi warna kunci apartemen yang serumpun untuk nama yang sama atau hampir sama untuk menghindari keteledoran yang mungkin terjadi.

2. Kunci Kartu

business-2126729_1920
Sumber: Deedee86

Di Indonesia, penggunaan kunci kartu sebagai salah satu alternatif ide kunci apartemen untuk mengatasi kehilangan masih cukup langka. Karenanya, penggunaan kunci kartu ini dapat dimasukkan ke salah satu ide penguncian apartemen yang kreatif namun juga aman.

Penguncian ruang dengan menggunakan kunci kartu bukan hanya dapat diaplikasikan pada tempat tidur, namun juga pada area-area tertentu yang rawan seperti parkir mobil atau motor. Dengan kunci kartu, seseorang dapat mengenali mobil, motor, atau kamar tidur milik orang lain maupun diri mereka sendiri dengan mudah. Hal ini berlaku terutama apabila desain apartemen minimalis dan mudah dikenali.

Kunci kartu yang baik bukan hanya memuat nama lengkap, namun juga nomor kamar. Dengan adanya kedua data tersebut, kunci kartu dapat disinkronkan dengan alat pembuat barcode berharga terjangkau sehingga menjadi kunci akses yang baik bagi para penghuni.

3. Kunci Suara

girl-1245713_1920
Sumber: Unsplash

Nah, mungkin bentuk kunci apartemen ini yang paling kreatif dibandingkan seluruh poin sebelumnya. Bagaimanapun juga, sekarang saja mesin cuci apartemen sudah ada kontrol suaranya, mengapa kunci tidak?

Faktanya, suara manusia sebagai kontrol membuka-tutup pintu atau mengakses barang-barang berharga pada safety box apartemen merupakan sesuatu yang susah dipalsukan, sehingga ini merupakan jenis kunci yang aman untuk digunakan. Selain itu, tidak diperlukan setting yang terlalu mahal untuk memulainya.

Kita yang memiliki apartemen dapat melakukan hal ini dengan mengaktifkan aplikasi pengenal suara yang terintegrasi pada hunian kita. Dengan demikian, bukan hanya para penghuni yang dapat saling mengenal dan tolong-menolong saat diperlukan, namun juga saling mengenal dan berbagi suka-duka saat mengenal kunci apartemen yang unik satu ini.

***

Intinya, ketiga bentuk kunci apartemen yang unik ini bukan hanya kunci Inggris yang membosankan bentuk dan warnanya tersebut. Dengan beberapa modifikasi, kita yang merupakan pemilik apartemen dapat membuat kunci apartemen ini menjadi lebih kekinian dan melekat di hati para penghuni, yang menghasilkan uang bagi kita.

Tambahannya, kunci apartemen serba kreatif ini dapat membangun keakraban antar penghuni, sehingga dapat membantu pemilik apartemen untuk mengenali penghuni-penghuni yang hilang atau bermasalah di kemudian hari. Bagaimana, apakah Anda tertarik mencoba ide-ide kunci kreatif nan aman di atas?

Leave a Reply