Rancang Kamar Mandi Apartemen Agar Aman Untuk Lansia

kamar mandi aman untuk lansiaBagi Anda yang saat ini tinggal di apartemen bersama orang tua pastinya harus juga memikirkan kondisi ruangan yang aman bagi mereka. Hal ini disebabkan kemampuan fisik mereka sudah jauh berkurang. Selain itu koordinasi otaknya juga mengalami penurunan. Tak heran jika orang tua mudah jatuh atau tersesat. Salah satu ruangan yang perlu mendapat perhatian Anda adalah kamar mandi.

Kamar mandi merupakan ruangan yang sering digunakan para lansia. Seringkali kita mendengar beberapa orang tua terpeleset dan jatuh di kamar mandi sehingga mengakibatkan dampak yang serius pada kesehatannya. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, sebaiknya rancang kamar mandi sedemikian rupa agar tetap aman digunakan lansia.

Lalu bagaimana kondisi kamar mandi apartemen yang tepat? Berikut ini uraiannya.

Perhatikan kondisi lantai

Pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi lantai. Kamar mandi selalu identik dengan lantai yang licin. Untuk itu, pilih lantai yang bermotif dengan tekstur kasar agar tidak mudah licin saat tersiram air. Jika memang Anda tidak ingin mengganti lantai kamar mandi, berikan alas karet di bagian shower dan toilet sehingga tidak begitu licin saat digunakan. Bersihkan alas karet dengan efektif seminggu sekali agar tidak menimbulkan bau pada kamar mandi.

kamar mandi aman untuk lansiaGunakan toilet duduk

Gunakan toilet duduk bukan toilet jongkok. Seperti kita tahu, otot-otot kaki orang tua sudah tidak berfungsi dengan baik, dan itu menyebabkan mereka cepat lelah jika harus berjongkok lama. Lap dudukan toilet dan lantai di bawahnya setiap kali selesai digunakan agar tidak licin.

Jangan ada perbedaan tinggi lantai

Samakan seluruh permukaan lantai, tidak perlu membuat perbedaan lantai seperti lantai di bagian shower lebih rendah daripada lantai di bagian toilet. Daya penglihatan orang tua sudah jauh berkurang, mereka sering tidak menyadari ada perbedaan lantai ini. Sehingga resiko tersandung atau terpeleset jauh lebih besar.

Baca juga :

Gunakan pembersih lantai yang tepat

Membersihkan lantai kamar mandi harus menggunakan pembersih yang tepat dan memang dikhususkan untuk itu. Jangan menggunakan sabun colek, sabun cuci piring atau deterjen yang malah membuat lantai kamar mandi lebih licin daripada sebelumnya. Pembersih lantai khusus kamar mandi akan membuat lantai lebih kesat dan nyaman saat dipijak.

 

 

Leave a Reply