Membuat Taman Di Apartemen, Mengapa Tidak? Begini Caranya

membuat taman di apartemenHunian vertikal dikenal dengan lahannya yang terbatas sehingga keinginan membuat taman sepertinya tidak memungkinkan. Namun tidak ada kata mustahil jika niat Anda sudah bulat untuk mendapatkan taman hijau meski luasnya terbatas.  Lalu bagaimana caranya?

Anda bisa memanfaatkan area balkon apartemen yang umumnya berukuran 1 x 1,5 meter. Memang sih, dengan area sesempit ini, Anda tidak mungkin menanam tanaman berkayu atau pohon besar. Sebagai gantinya, tanamlah pohon berukuran kecil atau tanaman merambat.

Namun, pastikan terlebih dahulu tanaman yang Anda tanam adalah jenis yang mudah dirawat, seperti cukup disiram secara rutin saja, ringan, mudah ditanam secara vertikal dan efektif menahan debu.

membuat taman di apartemenContoh tanaman yang bisa Anda pilih adalah morning glory, mandevilla, air mata kucing dan curtain creeper. Selain itu, Anda juga bisa menanam sayuran seperti bayam, caisim, kangkung, bawang, buncis atau tomat.

Baca juga :

Untuk menanam tanaman di hunian vertikal, Anda perlu menyiapkan media tanam yang ringan namun cukup kuat. Faktor ringan dibutuhkan karena posisi balkon yang tinggi sehingga tidak mampu menahan beban terlalu berat. Media tanam ringan yang bisa Anda gunakan adalah batok kelapa yang telah dikeringkan, rockwool, sekam dan styrofoam.

Nah, bagaimana menurut Anda? Cukup mudah bukan? Selain memperindah tampilan, penghuni apartemen pun menjadi lebih sehat. Selamat menanam!

Leave a Reply