Pilih Mana, Posisi Apartemen Di Atas Atau Bawah?

posisi apartemen di atas atau bawahBagi sebuah apartemen, posisi dan arah hadap sangat menentukan. Apartemen dengan posisi lantai yang lebih tinggi dan pemandangan menawan tentu memiliki harga yang berbeda. Dengan kata lain, semakin indah pemandangan yang bisa dinikmati mata, maka semakin tinggi pula harga apartemen tersebut.

Karenanya, calon pembeli maupun investor betul-betul mempertimbangkan posisi apartemen agar mendapat harga bersaing. Lalu, sebaiknya pilih mana, posisi apartemen di atas atau bawah?

Posisi lantai apartemen

Seperti diketahui, apartemen dengan posisi lantai atas menawarkan pemandangan menakjubkan. Tak heran jika orang yang memilih apartemen lantai delapan ke atas adalah orang-orang yang mendambakan pemandangan indah. Namun, untuk mendapat view seperti itu, beberapa apartemen memberikan tambahan biaya tersendiri.

Keuntungan apartemen lantai atas adalah :

  • Semakin tinggi posisinya, semakin rendah pula tingkat kebisingannya
  • Relatif aman dari tindak pencurian, meskipun bukan jaminan

Kekurangan apartemen lantai atas adalah :

  • Posisi yang menyulitkan untuk mengangkut dan membawa furniture
  • Posisi yang menyulitkan jika terjadi bencana seperti kebakaran dan gempa bumi

Baca juga :

Sebaliknya, posisi apartemen lantai delapan ke bawah bukan berarti tidak memiliki nilai jual, lho. Apartemen lantai bawah bisa juga mendapatkan view yang bagus jika berhadapan dengan taman dan kolam renang.

pilih mana posisi apartemen di atas atau bawahKeuntungan apartemen lantai bawah adalah :

  • Posisinya yang lebih dekat dengan lantai dasar atau akses keluar
  • Memudahkan jika ingin memasukkan berbagai furniture
  • Menghemat waktu jika ingin bepergian

Kekurangan apartemen lantai bawah adalah :

  • Rawan kebisingan, apalagi jika posisi unit dekat dengan pintu masuk bangunan, tangga darurat, pusat kebugaran dan lift.

Pada dasarnya, Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih posisi apartemen sesuai kebutuhan. Apartemen bawah umumnya dipilih untuk mereka yang masih memiliki anak-anak kecil, orang tua lanjut usia atau mereka yang takut ketinggian.

Jadi, cara terbaik untuk menentukan posisi apartemen sesuaikan saja dengan kenyamanan dan budget Anda. Karena nyaman bagi orang lain belum tentu nyaman juga bagi Anda, bukan?

 

Leave a Reply