Tidak Sembarangan Menaruh Kulkas dalam Kamar Tidur Hunian, Begini Solusi yang Patut Diambil

refrigerator-1728501_1920
Sumber: Alexas_Fotos

Saat ini, kulkas bukan hanya digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan. Alih-alih, kulkas juga dapat difungsikan untuk aktivitas penyimpanan lainnya, seperti menyimpan obat-obatan agar tetap steril atau mengamankan benda-benda tertentu.

Karenanya, peletakan kulkas dalam sebuah hunian tidak lagi terpaku pada ruang makan. Namun, kulkas juga dapat diletakan dalam ruang hunian yang tidak terduga, seperti kamar tidur.

Sekalipun jarang orang melakukannya, kenyataannya ada saja orang-orang yang menaruh kulkas di sekitar daerah kamar apartemen atau rumah mereka. Kendati demikian, tidak banyak yang mengetahui strategi menaruh kulkas yang benar, sehingga tidak jarang peletakan kulkas berdampak pada kenyamanan dalam hunian.

Agar tidak terjebak dalam strategi yang salah, berikut ini strategi menaruh kulkas yang perlu kita pertimbangkan:

1. Pastikan Ukuran Kulkas Cukup Kecil

162041284_6cc93075c4_o
Sumber: Miles Goodhew

Karena pada umumnya sebuah hunian memiliki kamar tidur dengan luas yang terbatas, maka secara langsung kita tidak dapat menaruh terlalu banyak benda di dalamnya. Ingat artikel sebelumnya, beberapa benda yang kita rasa perlu sebenarnya merupakan benda-benda yang “haram” masuk dalam hunian.

Hal yang sama juga berlaku untuk peletakan kulkas dalam kamar tidur, di mana sebisa mungkin, kita menaruh kulkas yang berukuran kecil. Berdasarkan pengalaman beberapa teman, ada baiknya kita menaruh kulkas yang bentuk maupun ukurannya seperti TV tabung.

Mengingat saat ini apapun yang minimalis menjadi trending topic, benda-benda minimalis serbaguna telah banyak tersedia di pasaran, termasuk kulkas berbentuk TV tabung dengan kapasitas yang cukup untuk menyimpan segala kebutuhan kita di dalamnya. Lagipula kalau itu tidak mengganggu produktivitas kita, mengapa tidak kita letakkan kulkas TV tabungnya?

2. Letakkan Dekat Workspaces, Bukan Kasur

squared-one-212144
Sumber: Squared.one

Salah satu kesalahan umum bagi mereka yang menaruh kulkas di kamar tidur adalah menaruhnya di dekat kasur. Baik disadari maupun tidak, peletakan kulkas yang dekat dengan kasur akan memicu bermacam-macam rasa yang tidak enak, mulai dari selalu lapar sepanjang hari hingga pengalaman morning sickness.

Di satu sisi, kita tak dapat menyangkali betapa penting dan mendesaknya beberapa barang yang kita simpan dalam kulkas. Di sinilah kita mengalami dilema dalam hal meletakkan kulkas dalam kamar tidur. Satu sisi haram bagi kulkas untuk ditaruh dekat tempat tidur, satu sisi kita membutuhkannya.

Untuk menciptakan win-win solution, saya menyarankan untuk menaruhnya dekat workspaces. Sebenarnya, workspaces ini berbeda-beda tergantung pekerjaan kita, namun pada umumnya, workspaces identik dengan meja belajar.

Karena meja belajar dapat menjadi sumber ketegangan saat berada di kamar tidur, maka penting bagi kita untuk menaruh kulkas di sekitar meja belajar. Siapa tahu, barangkali kita sedang butuh sesuatu yang penting, kita dapat langsung meraih benda tujuan yang ada di dalam kulkas.

3. Dapat Juga Menyejajarkan dengan Lemari Baju

7690759434_322137db2b_oSumber: Daniel Saakes

Ini dapat kita lakukan seandainya kita merupakan seseorang yang belum atau tidak berencana memiliki workspace, mengingat mereka yang workspace-nya “bersih” cenderung memiliki lemari baju raksasa yang terisi penuh, khususnya perempuan.

Bila ini terjadi, maka lebih baik untuk menaruh kulkas di sebelah lemari baju. Semakin perlu meletakkan kulkas dengan cara ini apabila kulkas yang kita miliki juga berukuran besar seperti lemari baju.

Lagipula, beberapa orang memang dengan sengaja menaruh kulkas di dekat lemari dan menyimpan beberapa jenis pakaian mereka dalam kulkas. Ada juga cerita orang-orang yang menaruh celana dan pakaian tidurnya dalam kulkas, dan hasilnya pakaian mereka tetap rapi seperti habis disetrika.

Rahasianya terletak pada penyimpanan ekstra yang digunakan, yakni lemari kaca atau balok es. Elemen lemari kaca maupun balok es yang sama-sama dingin akan membantu mengawetkan pakaian dengan alami, sehingga menaruh kulkas dalam kamar tidur hunian menjadi pengalaman yang seru.

***

Bila kita memperhatikan ketiga hal tersebut secara seksama, kita akan tahu urusan peletakan kulkas bukanlah urusan yang dapat kita anggap remeh. Ada ukuran dan tempat yang harus dipertimbangkan, di mana kesemuanya membuat pengalaman menaruh kulkas dalam kamar tidur hunian menjadi tak terlupakan.

Leave a Reply