Manfaat Peletakan Drawer pada Berbagai Ruang Apartemen yang Berbeda

chest-of-drawers-2000125_1920
Sumber: biuro126

Drawer chest (atau disebut juga “drawer” atau “rak penyimpanan”) sejatinya merupakan bagian kecil dari lemari. Kendati demikian, di beberapa apartemen dengan harga yang ekonomis (biasanya apartemen unfurnished), rak penyimpanan seperti ini biasanya dilupakan.

Alasan yang ada biasanya bervariasi, antara penghuni atau penyewa tidak memerlukannya atau karena alasan ekonomis dari pemilik seperti ingin menghemat biaya furniture. Di balik alasan-alasan yang mereka kemukakan, sebenarnya mereka hanya tidak mengerti kegunaan atau manfaat dari drawer untuk berbagai tempat dalam ruang apartemen yang berbeda-beda.

Artikel ini akan membahas manfaat drawer apabila diletakan di ruang-ruang yang mungkin tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Berikut ini adalah daftar ruang yang dapat memberi manfaat berlimpah untuk rak penyimpanan tanpa kita duga sebelumnya:

1. Perapian

cooks-office-770285_1920
Sumber: RonPorter

Bukan, bukan maksudnya ingin membakar rak penyimpanan. Alih-alih, maksud poin “perapian” di sini adalah untuk menunjukkan rak penyimpanan paling ideal diletakkan di dekat fireplace atau tempat api unggun.

Untuk beberapa apartemen di negara musim dingin, rak penyimpanan sekitar tempat perapian biasanya ada di sebelah kiri atau kanannya. Kebanyakan menjadi satu dengan rak buku dalam perpustakaan mini, namun banyak juga yang menjadi satu dengan meja seperti yang ada pada gambar di poin pertama ini.

Ada juga yang menempatkan rak penyimpanan secara terpisah, utamanya bila rak penyimpanan memiliki “kantong” yang banyak dan ukuran yang besar. Biasanya rak penyimpanan seperti ini cenderung menjadi loker di sekitar ruang tamu atau sofa.

Di manapun rak penyimpanan ditempatkan di sekitar perapian, fungsinya adalah untuk membantu menghangatkan tubuh. Mengingat kebanyakan rak memiliki ketahanan yang kuat terhadap api dan bahan yang ramah untuk disentuh tubuh, maka menaruh rak penyimpanan di sekitar perapian merupakan hal yang perlu dipertimbangkan.

2. Sekitar Tempat Cuci Pakaian

chest-of-drawers-2012945_1920Sumber: Alexas_Fotos

Baik itu tempat untuk menyetrika baju, laundry, atau keduanya secara sekaligus, tempat cuci pakaian pada apartemen umumnya adalah tempat yang cukup luas untuk ditempati drawer. Persoalannya, saat ini tidak banyak pengembang, desainer, maupun pemilik apartemen yang menyadari hal ini.

Lagipula, cucian pakaian identik dengan kesibukan, yang kalau dihitung-hitung hampir sama dengan kesibukan orang mengerjakan tugas belajar maupun kantoran. Karena itu, drawer sebagai media penyimpanan tambahan pasti dapat berfungsi lebih untuk menampung baju berlebih atau baju yang sudah selesai.

Untuk membuat rak penyimpanan berfungsi lebih baik di tempat cucian pada apartemen, akan lebih baik apabila dibuatkan 2 macam rak penyimpanan yang diletakkan bersebelahan. Satu rak untuk menyimpan baju yang hendak dicuci, dan satunya lagi untuk menyimpan baju yang sudah selesai.

Berikan juga tag nama, memo, atau warna yang berbeda untuk masing-masing rak penyimpanan. Dengan demikian, meskipun letaknya tidak jauh dari sekitar tempat cuci pakaian, kita masih dapat menunaikan tugas “cuci-mencuci” kita dengan baik dan benar.

3. Sekitar Ruang Musik

office-887693_1920
Sumber: juliacasado1

Peletakan drawer di sekitar ruang musik ini sebenarnya baik untuk apartemen sekelas deretan apartemen termewah dan termahal di Jakarta. Hal ini dikarenakan drawer di sekitar ruang musik dapat memperkuat kesan desain contemporary, klasik, atau Victorian, tiga jenis desain ruangan yang paling hits selama beberapa tahun belakangan ini.

Selain itu, bagi mereka yang “berdompet tebal” dengan berbagai macam kesibukan, meletakkan rak penyimpanan di sekitar ruang musik akan memberikan keleluasaan untuk menyimpan hal-hal yang menjadi kesibukan mereka.

Entah itu kesibukan yang terkait dengan pekerjaan sehari-hari atau hobi kesenian (yang sangat sering mereka miliki), yang jelas pemilik apartemen “lengkap” nan mewah akan mendapat keuntungan dari menempatkan rak penyimpanan dengan ukuran yang cukup besar di sekitar ruang musik.

Sayang sekali, lagi-lagi kebanyakan pihak apartemen tidak menyadari hal ini. Akibatnya, banyak ruang musik yang “hanya” dipenuhi alat musik tanpa adanya dekorasi lain yang sesungguhnya dapat bermanfaat, seperti drawer atau rak penyimpanan ini.

***

Bukan hanya sensasi ruang apartemen yang layak sewa atau bernilai jual tinggi yang akan kita dapatkan, apabila kita menaruh drawer pada ketiga jenis ruangan apartemen di atas. Kita pun akan secara aktif membantu memberikan wawasan kepada mereka yang belum mengerti manfaat peletakan drawer pada ruangan yang jarang terpikirkan oleh orang banyak.

Jadi, siapkah Anda meletakkan drawer di ruangan-ruangan apartemen nan unik ini? Mari, kita menyewa apartemen di situs sewa-apartemen.net ini, pilih unit Anda, dan segeralah berkreasi dengan drawer dan ruangan apartemen Anda!

Leave a Reply