Tinggal Di Apartemen? Pertimbangkan Ini Dulu Sebelum Memutuskannya

tinggal di apartemen? pertimbangkan ini dulu sebelum memutuskannyaPenawaran untuk tinggal di apartemen akhir-akhir ini memang marak dilakukan, dengan harga sewa apartemen yang tidak terlalu mahal dan syarat yang cukup mudah. Namun Anda harus menyikapinya dengan hati-hati, jangan sampai terjebak dengan keinginan yang menggebu untuk tinggal di hunian vertikal hanya karena nilai prestis di dalamnya.

Untuk itu, sebelum memutuskan tinggal di apartemen, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dipikirkan apakah memilih apartemen sebagai hunian sudah tepat untuk Anda. Berikut ini uraiannya.

1. Lokasi strategis

Pertimbangan pertama adalah lokasi yang strategis. Pilihlah apartemen yang dekat dengan tempat kerja dan memiliki fasilitas umum yang baik seperti pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit dan pasar. Jarak jangkau apartemen dengan fasilitas umum juga harus mudah dan cepat.

Jika apartemen yang ditawarkan jauh dari tempat kerja Anda, maka artinya Anda harus siap dengan rutinitas kemacetan sehari-hari. Sehingga membutuhkan banyak waktu dan tenaga daripada sebelumnya. Pertimbangkan hal ini.

2. Kebutuhan ruang

Untuk Anda yang berkeluarga, hitung juga kebutuhan ruang bagi keluarga Anda. Misalnya Anda memiliki 2 anak dengan 1 asisten rumah tangga, sudah pasti Anda membutuhkan 3 ruang tidur dalam 1 unit apartemen yaitu ruang tidur utama, ruang tidur anak dan ruang tidur asisten rumah tangga.

Sedangkan harga apartemen yang menyediakan 3 ruang tidur cukup mahal, bukan? Umumnya apartemen hanya menyediakan 2 ruang tidur, itupun dengan ukuran yang mungil. Hal seperti ini juga penting Anda perhatikan.

Begitu juga dengan tata letak ruang, pasti berbeda dengan rumah tapak. Anda tak bisa seenaknya merombak ruangan sesuai dengan yang Anda inginkan, karena mungkin saja dinding pembatas kamar adalah dinding struktur yang memikul beban struktur bangunan. Sehingga kalau Anda hilangkan, bisa mempengaruhi kekuatan bangunan itu sendiri.

3. Pemilihan furniture

Seperti diketahui bahwa ruangan dalam apartemen serba terbatas atau sempit, sehingga membutuhkan furniture yang tepat untuk mengatasinya. Tak jarang beberapa penghuni apartemen terpaksa memesan furniture dengan ukuran khusus sesuai kebutuhan.

Dan furniture yang dipesan khusus tentu memiliki harga lebih mahal daripada furniture yang ready stock. Artinya Anda membutuhkan budget lebih dalam penataan furniture.

4. Fasilitas apartemen

Untuk fasilitas apartemen memang tak perlu diragukan lagi. Berbagai fasilitas seperti kebersihan, keamanan, kolam renang, jogging track dan sebagainya memang disediakan untuk penghuni di lokasi tersebut. Namun dengan membayar biaya service atau iuran yang lumayan tinggi seimbang dengan lengkapnya fasilitas yang tersedia.

Selain itu, jarak dengan tetangga demikian dekat dan hanya dibatasi oleh dinding dalam satu atap. Kegaduhan tentu hal yang sangat dilarang demi menjaga privacy masing-masing penghuni apartemen.

Nah, beberapa aspek di atas adalah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan tinggal di apartemen. Jika bagi Anda aspek tersebut tidak masalah dan mampu Anda atasi, berarti Anda sudah siap tinggal di apartemen idaman.

Bila ditambah dengan lokasi apartemen yang strategis, ruangan yang memadai dan fasilitas yang lengkap, tinggal di apartemen memang sangat menyenangkan!

 

Leave a Reply