Ini Dia Daftar Tempat Terbaik Menaruh Kalender di Sekitar Hunian, Penasaran Apa Saja?

advent-calendar-80012_1920Sumber: Hans

Dalam dunia yang bergerak cepat (dan terkadang tergesa-gesa) ini, lupa mengenai sesuatu yang penting seolah menjadi roti hidup sehari-hari. Padahal, sekadar lupa dapat menimbulkan masalah yang lebih pelik, mulai dari ketinggalan hal kecil-namun-berharga hingga digebukin orang satu kampung karena lupa hari jadi.

Kalender menjadi solusi yang ampuh untuk mengatasi masalah kelupaan tersebut. Meskipun saat ini teknologi yang makin maju membuat kalender juga memasuki “masa digital”, kalender cetak tetap lebih baik. Berdasarkan pengalaman, memiliki kalender cetak akan membuat kita memiliki daya ingat yang lebih cepat dibandingkan saat hanya mengandalkan kalender dari aplikasi smartphone, yang dapat mati kapan saja.

Meskipun demikian, peletakan kalender harus sedekat mungkin dengan tempat yang tepat pada hunian kita, entah itu apartemen sewaan, rumah sewaan, atau jenis hunian lainnya. Berikut ini adalah tempat-tempat ideal untuk menaruh kalender:

1. Ruang Pertemuan (Meeting Room)

meeting-room-730679_1920
Sumber: MagicDesk

Inilah tempat nomor satu yang harus–tidak bisa tidak–dipasangi kalender. Apapun jenis kalender cetaknya, kalender merupakan barang wajib yang harus ada dalam ruang pertemuan atau meeting room tiap hunian.

Alasan yang paling sederhana adalah meeting room identik dengan janji-janji yang melibatkan tempat dan waktu yang jelas. Hal ini terutama benar pada hunian di negara-negara tempat ketepatwaktuan dijunjung tinggi, seperti Amerika Serikat atau Jepang.

Alasan lain yang tidak kalah pentingnya adalah mengingat hari jadi spesial sebuah kelompok. Mungkin hari jadi ini tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan, namun siapa sangka, hari jadi dapat membantu mempererat koneksi yang sudah ada?

Karenanya, menaruh kalender pada meeting room menjadi kegiatan yang perlu dilakukan. Bukan hanya itu, perlu ada seseorang yang bertanggungjawab dalam menandai kalender tiap kali ada perjanjian, sehingga tidak lupa ketika diperhadapkan dengan pekerjaan-pekerjaan selanjutnya dengan hari yang berdekatan.

2. Ruang Tamu

living-room-2280069_1920
Sumber: closewithcindy

Sebuah hunian boleh saja tidak dilengkapi dengan ruang pertemuan atau meeting room. Namun, bukan berarti itu menjadi alasan untuk tidak menaruh kalender dalam hunian yang kita tinggali.

Faktanya, ruang tamu dapat menjadi alternatif bagi meeting room untuk beberapa jenis hunian tertentu. Ruang tamu yang identik dengan pintu pertama penerimaan tamu menjadi salah satu tempat terbaik menaruh kalender, mengingat fungsi dari ruang tamu itu sendiri.

Dengan menaruh kalender di tempat di mana para tamu dapat melihat angka-angka hari pada kalender, kita akan dapat secara efektif menyelamatkan diri sendiri dari “tagihan” para tamu yang terus membludak. Para tamu pun akan dapat memahami jadwal kita selama bulan berjalan.

Di samping itu, adanya kalender di ruang tamu akan membantu ingatan kita yang sudah mulai pudar akan hari-hari penting yang melibatkan banyak orang. Misalnya, kita tidak akan ingat merayakan hari Natal bersama keluarga di rumah ketika tidak ada kalender di sekitar ruang tamu.

3. Kamar Tidur

bed-1575491_1920
Sumber: ErikaWittlieb

Kamar tidur boleh saja identik dengan privasi seseorang dan kebebasan untuk berkreasi. Tanpa bermaksud membatasi kebebasan seseorang dalam mengeksplorasi potensi diri mereka, sebenarnya menaruh kalender di kamar tidur sama pentingnya dengan melakukan hal yang sama di ruang pertemuan atau ruang tamu.

Justru dalam kebebasan bereksplorasi yang ditawarkan oleh kamar tidur, seorang penghuni seharusnya memiliki kedisiplinan diri yang cukup sehingga dapat memenuhi kebebasan yang mereka idamkan. Meletakkan kalender pada tempat yang terjangkau di sekitar kamar tidur merupakan awal dari kedisiplinan seorang penghuni kamar tidur.

Dengan menaruh kalender di tempat yang kita dapat melihat langsung angka-angkanya, kita akan terlatih untuk disiplin waktu dan janji. Selain itu, karena kamar tidur merupakan tempat yang paling dekat dengan kita, maka kita akan langsung ingat ketika membuat janji dengan seseorang atau kelompok orang yang kita kasihi.

***

Dalam menaruh kalender, ketiga tempat “sakral” di atas merupakan tempat-tempat yang pantang untuk kita lupakan selama tinggal dalam hunian. Dengan meletakkan kalender ke seluruh tempat di atas, kita akan terhindar dari lupa janji, tidak disiplin, maupun kejadian-kejadian buruk yang mungkin menyertainya.

Leave a Reply