Meskipun Kecil, Benda-Benda Ini Seharusnya Tidak Anda Lupakan Saat Tinggal di Apartemen

absorbent-88257_1920
Sumber: byrev

Dalam artikel lalu, kita sudah banyak membahas mengenai benda-benda apa saja yang tidak seharusnya ada dalam daftar bawaan kita saat berkunjung pertama kali ke apartemen, termasuk barang kebutuhan hidup yang berat. Kita pun sudah melihat tentang daftar benda yang tidak seharusnya kita sembunyikan.

Pada artikel ini, kita akan fokus membahas mengenai benda-benda kecil. Benda-benda kecil dalam poin-poin di bawah ini mungkin terlihat remeh, namun apabila kita tinggal di apartemen (khususnya dalam waktu yang lama) dan kita melupakan keberadaan mereka (tidak termasuk menyembunyikan), maka kita yang akan apes sendiri.

Inilah daftar benda-benda kecil tersebut dengan kegunaannya yang seharusnya membuat kita menyesal untuk melupakannya:

1. Aneka Sertifikat

mayor-917149_1920
Sumber: epicioci

Iyalah, masa’ sertifikat dilupain…”

Mungkin, hal itu yang akan terlintas di pikiran kita. Kita pun mengerti kalau beberapa jenis sertifikat memiliki kekuatan yang setara untuk menentukan hidup kita. Misalnya, SHM yang berdampak pada kepemilikan apartemen atau sertifikat berupa ijazah yang akan berdampak pada pilihan kerja, beasiswa, atau pilihan hidup lain selanjutnya.

Namun, siapa sangka, jenis sertifikat bukan hanya SHM atau ijazah. Ada banyak macam sertifikat yang sebenarnya tanpa disadari kita tinggalkan saat hendak pindah dari satu tempat ke apartemen sewaan atau pun jenis apartemen lainnya.

Hayo, ada yang masih ingat ijazah SD-nya ke mana? Atau, mungkin ada di antara kita yang masih menyimpan sertifikat hasil seminar, workshop, talkshow, lomba, dan lain-lain saat masih SMA atau kuliah?

Jangan salah, karena justru aneka sertifikat yang “kecil-unyil” ini memberikan dampak yang besar bagi bukti pencapaian kita. Karena dunia ini butuh bukti untuk segala sesuatunya, maka kita sendiri yang akan gelagapan saat hendak membuktikan pencapaian yang bejibun tersebut. Makanya, jangan lupakan sertifikat, sekecil apapun itu!

2. Kantong Plastik

before-and-after-compression-2407859_1920
Sumber: snquk

Sama seperti aneka sertifikat, kantong plastik sebenarnya termasuk benda-benda kecil yang penting. Sayang sekali, banyak orang yang pindah apartemen dari satu kota atau daerah ke yang lainnya melupakan benda kecil namun berguna satu ini. Parahnya, ada juga yang pindah jual apartemen ke negara satu ke yang lain dan tidak membawa kantong plastik.

Waduh! Kalau sudah begini, dijamin kita yang akan rempong. Tidak usah jauh-jauh sampai ke luar negeri, di Indonesia pun banyak pusat perbelanjaan sekitar apartemen yang tidak menyediakan kantong plastik. Mungkin tidak akan terlalu terasa efeknya bila belanjaan sedikit, namun bagaimana bila jumlah yang dibelanjakan banyak?

Selain itu, bagi yang pindah apartemen dari satu negara ke negara lain, ada kalanya kita pulang ke tanah air dan menempuh jarak terbang jauh. Kita tidak akan tahu kapan kita (atau orang di sebelah kita, atau siapapun itu yang membutuhkan) muntah saat di pesawat, karena itu kantong plastik sangat berperan dalam membantu penanganan kejadian yang insidental semacam ini.

Tidak usah takut terkesan jorok dalam membawa kantong plastik. Anda dapat melipat-lipat kantong plastik menjadi beberapa bagian. Atau, Anda dapat pula membawa atau mendekorasi kantong plastik yang ada sehingga menjadi lebih berwarna, cantik, dan gaya tanpa harus memberatkan barang bawaan selama di apartemen.

3. Lencana

badge-1832235_1920Sumber: jklugiewicz

Benda-benda kecil satu ini hampir sama fungsinya dengan aneka sertifikat, yakni membuktikan adanya penghargaan yang kita miliki. Terlebih lagi, beberapa lencana menunjukkan bukti keanggotaan kita pada sebuah organisasi.

Mungkin organisasi yang memberikan lencana bukan organisasi formal, namun mungkin organisasi itu terkait dengan minat dan bakat kita. Dalam organisasi yang menyediakan lencana tersebut, kita merasa bertumbuh dan berkembang. Kita pun memperoleh banyak koneksi di dalamnya.

Nah, karenanya, sayang banget, ‘kan, kalau sampai lupa membawa lencana? Selain keanggotaan kita di sebuah organisasi yang kita sukai tidak diakui, ada potensi kita akan dianggap sebagai penjahat cinta apartemen kelas kakap. Gak mau, ‘kan?

***

Itulah tiga contoh benda-benda kecil yang memiliki nilai tinggi dan tidak selayaknya kita lupakan begitu saja saat pindah ke apartemen yang baru.

(P.S.: Bagi yang menanyakan arti gambar pengorek telinga di atas, itu merupakan satu lagi contoh benda kecil yang pantang dilupakan untuk siapapun yang telinganya sering tidak mendengar.)

Akhir kata, mari kita teliti dan lihat-lihat lagi benda-benda kecil di sekitar kita. Jangan sampai ada yang kelupaan lagi, ya!

Leave a Reply