AC Apartemen Rusak? Sejukkan Kamar Dengan 5 Tips Ini

AC apartemen rusak? sejukkan dengan 5 tips iniKamar seharusnya menjadi tempat yang paling nyaman bagi Anda untuk beristirahat. Namun beberapa masalah tertentu seperti pemanasan global, perubahan iklim dan cuaca serta padatnya pemukiman membuat kamar terasa pengap dan panas. Apalagi jika kamar yang kita tempati berada di sebuah hunian vertikal yang semakin tinggi posisinya, maka semakin panas pula hawa dalam ruangan.

Umumnya apartemen sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan yang memadai dan berfungsi dengan baik. Namun ada saatnya AC rusak karena sebab-sebab tertentu. Sudah melapor ke pihak pengelola namun belum juga ada tanggapan yang pasti, ingin membeli AC baru namun dana terbatas.

Baca juga :

Nah, daripada Anda uring-uringan tak jelas, coba 7 tips sejukkan ruangan kamar tanpa AC berikut ini, sambil menunggu perbaikan AC di kemudian hari.

1. Jangan letakkan barang terlalu banyak dalam kamar

Ruangan dalam apartemen yang minimalis membutuhkan keahlian Anda untuk menempatkan dan memilih perabotan yang minimalis pula. Agar ruangan atau kamar tidak pengap dan panas, hindari meletakkan barang terlalu banyak di sana.

Sebaiknya barang diatur sedemikian rupa atau diletakkan dalam lemari sehingga tidak tergeletak sembarangan. Letakkan barang-barang yang memang sering dibutuhkan di dalam kamar, dan simpan yang jarang dipergunakan.

2. Atur jendela kamar

Fungsi jendela dalam kamar selain dapat memberi kesejukan, ternyata juga dapat membuat kamar lebih panas. Hal ini disebabkan jendela merupakan jalan masuk sinar matahari yang paling mudah.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat memasang tirai yang cukup tebal untuk menangkal sinar matahari langsung. Dan ketika hari tidak terlalu terik, coba biarkan jendela terbuka agar angin bisa masuk dan membawa pergi udara pengap dalam ruangan.

3. Gunakan lampu dengan watt kecil

Lampu memancarkan panas yang dapat diserap kamar Anda. Lampu yang dihidupkan terus menerus justru membuat kamar terasa lebih panas. Karenanya, sering-seringlah matikan lampu kamar. Bila tidak nyaman dengan ruangan gelap, gunakan lampu meja yang tidak terlalu terang atau lampu dengan watt kecil.

AC apartemen rusak? sejukkan dengan 5 tips ini4. Maksimalkan penggunaan kipas angin

Kipas angin bisa dipakai sebagai alternatif untuk membuat ruangan lebih sejuk. Namun penggunaan kipas angin juga ada aturannya, lho. Mengarahkan kipas angin langsung ke tubuh memang mendinginkan tubuh sesaat, namun jika dilakukan terus menerus pastinya berdampak buruk pada kesehatan Anda. Cara menggunakan kipas angin yang benar adalah dengan mengarahkannya pada dinding yang berlawanan dengan Anda. Ini dimaksudkan untuk membuat sirkulasi udara lebih baik dan menjadi lebih dingin.

5. Letakkan tanaman dalam kamar

Meletakkan tanaman dalam kamar tidur apartemen, selain menambah kesegaran juga membuat tampilan kamar lebih indah dan nyaman. Oksigen yang dikeluarkan tanaman di siang hari dapat menciptakan kesejukan kamar Anda. Letakkan tanaman yang berukuran sedang di sudut ruangan atau tanaman hias berukuran mini di atas meja agar udara dalam kamar tidak pengap lagi.

Namun sebelum tidur malam, keluarkan tanaman dari kamar Anda. Pada malam hari tanaman mengeluarkan karbondioksida yang tentu berpengaruh pada kesehatan jika Anda terus menerus menghirupnya.

Itulah beberapa tips sejukkan kamar tanpa AC yang bisa Anda coba. Jadi, tak perlu khawatir lagi jika AC apartemen mati sementara, bukan?

Leave a Reply