“WOW”-nya Tinggal di Landed Apartment, Apartemen “50-50” dengan Rumah

3826168543_60b4666823_o
Sumber: Alan

Landed apartment ini adalah bentuk apartemen yang unik. Kalau kita lihat sekilas, mungkin bedanya sangat tipis dengan rumah sewaan di kota-kota besar. Namun, landed apartment tetaplah apartemen di mana di dalamnya merupakan ruangan yang saling bersambung dengan banyak penghuni yang tidak selalu saling kenal.

Karena masyarakat hari ini banyak yang menyenangi apapun yang berbau “50-50”, maka apapun yang “separo-separo” lebih mudah mendapatkan hati pelanggan masa kini, termasuk apartemen landed yang terlihat mirip dengan rumah. Belum lagi kebanyakan apartemen tipe landed ini memiliki desain yang minimalis, sehingga cocok untuk kebutuhan masyarakat akan sewa apartemen atau tinggal di apartemen yang minimalis.

Selain hal-hal tersebut, tentunya masih banyak hal yang dapat kita syukuri saat berada di lingkungan landed apartment. Ini dia daftar kelebihan apartemen tipe landed:

1. Tidak Terlalu Demanding

architecture-1730887_1920
Sumber: MichaelGaida

Benar, apartemen tipe landed identik dengan minimalis, dan apapun yang minimalis identik dengan kepraktisan hidup. Dampak dari semuanya itu adalah kehidupan penghuni yang tidak terlalu demanding dibandingkan apartemen lainnya yang berskala lebih besar.

Kehidupan yang jauh dari demanding ini bukan hanya membuat penghuni landed apartment menjadi lebih santai dan terbebas dari beban pikiran yang menekan, namun juga meminimalkan kejadian cedera dalam apartemen, yang biasanya disebabkan oleh pergerakan yang terlalu banyak.

Jika berbicara mengenai pergerakan, pikiran kita mungkin tertuju pada ruang gerak di dalam apartemen yang kita tinggali. Kendati demikian, yang dimaksudkan dengan “pergerakan” adalah kekuatan untuk menjangkau atau mengakses barang-barang di sekitar apartemen. Semakin dekat penjangkauannya, semakin pergerakan menjadi hemat, menyehatkan, dan menenangkan.

2. Dapat “Berjumpa” dengan Berbagai Tenant dengan Cara yang Unik

department-store-68852_1920
Sumber: stux

Kecenderungan apartemen yang memiliki akses ke pusat perbelanjaan adalah memposisikan pusat perbelanjaan di bagian bawah (biasanya lantai dasar), kemudian di atasnya ada kamar-kamar, kantor, atau meeting room berukuran kecil. Namun, saat bertemu dengan apartemen tipe landed, semua gambaran itu akan berubah total.

Tenant atau pedagang barang atau jasa pada landed apartment cenderung memiliki posisi yang bervariasi. Beberapa apartemen landed memiliki tenant yang terpusat di bagian bawah, namun ada juga apartemen daerah-daerah tertentu yang tenant-nya justru di atas. Ada juga yang merata di atas maupun di bawah. Menyenangkan, bukan?

Cukup sampai di sana? Oh, tidak, karena keseruan bertemu dengan tenant dapat kita rasakan dengan cara yang lebih unik lagi. Seolah-olah kita “berkenalan” dengan tenant yang ada dengan cara yang friendly seperti dengan keluarga sendiri. Bahkan, bukan tidak mungkin kita mendapat penawaran spesial dari mereka. Horeee!

3. Membina Hubungan Akrab dengan Sesama Penghuni

2178328236_8e6553e05e_o
Sumber: TijsB

Tidak hanya suasana sekitar apartemen yang homey, melainkan jarak antar satu ruangan dengan ruangan penghuni lain amat dekat sehingga kita pun dapat berkomunikasi secara intens dengan penghuni-penghuni lainnya. Kita dapat melakukan hal ini dengan mengunjungi masing-masing ruangan penghuni (yang jaraknya dekat) atau bercengkerama lewat masing-masing jendela apartemen.

Jarak yang dekat apabila dikombinasikan dengan poin sebelumnya mengenai keakraban yang ditimbulkan dengan pihak-pihak terkait ini sangat menguntungkan kita. Terlebih apabila kita ingin menjangkau penghuni yang jaraknya hanya beberapa “rumah apartemen” dari tempat yang kita tempati. Wah, bisa mendadak jadi saudaraan!

Sudah begitu, karena landed apartment sering memiliki jendela yang terbuka dan berjejer, kita pun dapat memanfaatkannya untuk berkomunikasi dengan lebih akrab antar tetangga dan penghuni apartemen. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk mengorbankan keakraban dengan sesama penghuni karena sibuk dengan gadget elektronik masing-masing.

***

Ketiga poin tersebut yang membuat tinggal di landed apartment menjadi pengalaman yang “WOW!” dibandingkan dengan tinggal di apartemen-apartemen jenis lainnya. Bukan hanya unik konsep bentuknya saja, namun sisi kehidupannya juga menarik sehingga pengalaman tinggal di apartemen landed ini pantang untuk kita lewatkan.

Leave a Reply