Ingin Mengadakan Kegiatan Akbar di Jakarta? Lihat Rekomendasi “Apartemen Ramai” Ini!

23428495073_616a21771d_o
Sumber: Everyone Sinks Starco (using album)

Padatnya jumlah penduduk Indonesia digabung dengan kegemaran mayoritas orang Indonesia untuk mengadakan kegiatan yang melibatkan kerja sama tim membuat “kegiatan akbar” menjadi kegiatan yang sifatnya evergreen nan timeless.  “Kegiatan akbar” yang dimaksud adalah kegiatan seperti training, konferensi, retret, dan lain-lain.

“Kegiatan akbar” ini dilaksanakan paling tidak 3 hari. Karena itu, baik pelaksana, panitia, maupun peserta “kegiatan akbar” memerlukan penginapan. Selain itu, kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta telah menjadi favorit penyelenggara “kegiatan akbar”.

Di Jakarta, mencari tempat menginap untuk “kegiatan akbar” ini gampang-gampang susah, mengingat biaya hidup Jakarta yang paling mahal dibandingkan kota-kota lain di Indonesia. Untungnya, ada “apartemen ramai” yang memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan apartemen-apartemen sejenis di Jakarta.

Rekomendasi tentang “apartemen ramai” di Jakarta sebagaimana tercantum pada poin-poin di bawah ini bukan hanya menitikberatkan pada ketersediaan tipe kamar yang ada, namun juga fasilitas-fasilitas yang dimilikinya:

1. Kalibata City, Jakarta Selatan

19534107_467405906936756_8888350517453914112_n
Sumber: mikenterprise

Siapa bilang Jakarta selalu identik dengan mahal? Lihat-lihat dahulu daerahnya. Jakarta Selatan merupakan salah satu daerah di Jakarta yang keseluruhan biaya hidupnya relatif lebih terjangkau dibandingkan daerah lainnya, termasuk apartemen yang dapat disewa.

Kalibata City merupakan salah satu “apartemen ramai” di daerah Jakarta Selatan yang dapat disewa untuk “kegiatan akbar”. Kalau kita lihat, apartemen yang terletak di daerah Taman Makam Pahlawan Kalibata ini menyediakan kamar hingga tipe 3 BR, yang akan sangat berguna untuk “kegiatan akbar” yang melibatkan banyak peserta dan pembagian kelompok.

Selain itu, Kalibata City dekat dengan berbagai macam akses fasilitas penunjang acara “kegiatan akbar” semacam taman pendidikan untuk si kutu buku, tol Pancoran untuk lewat antar kendaraan yang dibutuhkan selama kegiatan, atau bandara untuk lingkup kegiatan yang lebih luas seperti konferensi ilmiah.

2. Bassura City, Jakarta Timur

12143344_903546266381668_1593653813456930026_n
Sumber: Bassura City

Siapa bilang segala hal yang bagus selalu mahal? Bassura City yang terletak di Jakarta Timur, salah satu daerah Jakarta yang paling murah ini, merupakan bukti statement tersebut salah. Selain terletak di salah satu daerah yang biaya hidupnya murah, sewa apartemen di Bassura City juga tidak terlalu memberatkan dompet panitia maupun calon peserta “kegiatan akbar”.

Ada berbagai macam pilihan harga yang berbeda-beda per kamar dan kondisi kamar yang dapat disesuaikan pada budget yang tersedia. Tidak hanya menyediakan kamar studio hingga tipe 3 BR (yang paling mendekati kategori “apartemen ramai”), namun kita juga dapat memilih mulai dari yang unfurnished hingga yang fully-furnished dari sekitar 2 juta rupiah per bulan atau 500 ribu rupiah per hari.

Tidak berhenti sampai di sana, Bassura City dekat dengan berbagai pusat hiburan Jakarta, sehingga akan menguntungkan baik penyelenggara, panitia, atau peserta yang hendak bersantai saat jam istirahat. Selain itu, Bassura City dekat dengan supermarket untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti Pasar Gembrong atau Alfamart dan Indomaret di dalam apartemen.

3. Gading Nias Residence, Jakarta Utara

17662127_727097934127013_1253258168343986176_n
Sumber: indahcwulandari

Satu lagi “hidden beauty of Jakarta’s cheap apartement” adalah Gading Nias Residence, yang terletak di kawasan Jakarta Utara. Berdasarkan pengamatan saya, kawasan Jakarta Utara bukan hanya daerah Jakarta yang biaya hidupnya murah, namun juga salah satu daerah yang sepi mengingat tidak banyak eksposnya di media-media yang ada.

Bagi siapapun yang ingin mengadakan “kegiatan akbar”, apartemen ramai tapi sepi seperti ini yang membuat acara tetap terfokus dari awal hingga akhir. Sepinya sekitar membuat tidak banyak gangguan eksternal (maupun internal) yang muncul mengganggu acara, sementara ramainya pilihan kamar akan bersahabat dengan banyaknya peserta yang ada.

Semuanya ini makin lengkap ketika banyak peserta kegiatan yang berasal dari luar kota atau pulau, di mana biasanya mereka cenderung tidak banyak maunya dibandingkan masyarakat di kota-kota besar. Apalagi, Gading Nias Residence menyediakan kamar tipe 1 dan 2 BR, yang pasti akan menjadi laris untuk “kegiatan akbar” yang membutuhkan “apartemen ramai” semacam Gading Nias Residence ini.

Sampai di situ saja? Oh, tidak. Gading Nias Residence dekat dengan berbagai mal yang merupakan pusat kehidupan masyarakat Jakarta (kira-kira 5-10 menit mengemudi). Tidak berhenti sampai di situ, Gading Nias Residence juga memiliki taman bermain yang cocok untuk “kegiatan akbar” yang membutuhkan outbound atau permainan lain yang sejenis.

***

Kalau kita lihat pada ketiga “apartemen ramai” dengan tipe kamar di atas 1 BR di atas, kita akan tahu kalau tidak semua daerah Jakarta mengakomodasi kebutuhan kamar untuk kegiatan akbar. Daerah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara merupakan 3 daerah yang saya pilih, masing-masing dengan apartemen “jagoan”-nya, mengingat biaya sewa apartemen pada ketiga daerah Jakarta ini paling murah.

Selain itu, tipe kamar dan fasilitas yang ada dapat menjembatani panitia maupun peserta “kegiatan akbar” yang diselenggarakan. Bila sudah demikian, tidak ada salahnya menghemat uang sambil tetap membuat acara akbar di “apartemen ramai” di Jakarta ini berjalan sebagaimana mestinya. Win-win solution, bukan?

Leave a Reply