Tips Menyewakan Apartemen di Daerah Jakarta: Apa Saja Caranya?

24081487441_5ee5eec8e7_oSumber: Everyone Sinks Starco (using album)

Sebagai ibu kota negara, tidak heran kalau daerah Jakarta menjadi daerah yang paling “ramai”. Ramai di sini bukan hanya terbatas pada penduduknya saja, namun juga kegiatan dan aktivitas yang serba aktif dan sibuk, termasuk kegiatan sewa-menyewa apartemen.

Animo kegiatan sewa-menyewa apartemen yang serba sibuk bersamaan dengan keadaan Jakarta yang “rumit” sebagai pusat hampir segalanya di Indonesia membuat penyewaan apartemen di daerah Jakarta agak sedikit berbeda dengan tips menyewa apartemen secara garis besar.

Di saat yang sama, Jakarta telah bertransformasi menjadi daerah potensial bagi penyewa apartemen, sehingga merupakan hal yang menjanjikan untuk menyewakan apartemen di Jakarta. Karena itu, kita perlu memperhatikan tips-tips di bawah ini kalau mau menyewakan apartemen di Jakarta, agar tidak kalah dengan pesaing lainnya:

1. Sesuaikan Daerah dengan Jenis Apartemen

jakarta-1948146_1920
Sumber: tpsdave

Menurut halaman muka situs sewa-apartemen.net ini, daerah Jakarta terbagi menjadi 5, yakni Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara. Menurut yang saya ketahui, kelima pembagian daerah tersebut merupakan pembagian yang paling merata di Indonesia dari segi penduduk maupun ragam tempat yang ada.

Pembagian daerah Jakarta yang merata tersebut menjadikan kita perlu menyesuaikan tiap potensi daerah dengan jenis apartemen yang berbeda-beda. Alasannya, jenis apartemen yang sesuai dengan masing-masing potensi daerah akan meningkatkan jumlah orang yang berminat, sehingga uang balik bagi kita yang menyewakan jadi lebih cepat kita terima.

Misalnya, jenis apartemen yang lebih mewah dengan kamar dan fasilitas serba “rumit” lebih cocok diterapkan pada daerah “mahal” seperti di Jakarta Pusat atau Jakarta Selatan. Sebaliknya, apartemen sewa yang memiliki kamar bertipe lebih dari 2 atau 3 BR lebih cocok ditempatkan di daerah pelajar seperti Jakarta Timur.

2. Bersiap-Siaplah Dengan Menonjolkan Keunggulan Apartemen

building-774999_1920
Sumber: rakazt

Betapa pentingnya menjaga kualitas dalam setiap hal yang kita lakukan, termasuk bila kita ingin apartemen yang kita sewakan (secara mandiri ataupun menggunakan perantara) laku. Ketika kita berpikir soal kualitas terkait penyewaan apartemen, mungkin desain atau fasilitas merupakan dua hal yang pertama muncul di kepala kita.

Meskipun desain maupun fasilitas sama-sama dua hal penting penentu kualitas apartemen, kita tidak boleh lupa kalau masyarakat Jakarta umumnya adalah masyarakat skeptis dengan ekspektasi hidup yang tinggi. Karena akses ke segala sesuatunya mudah, penting bagi kita untuk meyakinkan tentang apartemen sewaan kita di Jakarta yang akan berkontribusi meningkatkan taraf hidup mereka.

Mungkin akan mudah bagi kita untuk meyakinkan orang bahwa apartemen yang memiliki desain atau fasilitas serba mumpuni adalah yang terbaik. Namun, bagaimana dengan yang fasilitas atau desain interior atau eksteriornya cenderung sederhana?

Dari sini, kelihaian kita dalam seni persuasi diuji. Lagipula, kita berkompetisi dengan sesama penyewa lainnya. Siapa cepat, dia yang dapat pelanggan. Siapa yang lebih cepat mendapat pelanggan, dialah yang akan meraup keuntungan dari menyewakan apartemen di Jakarta.

3. Pertimbangkan “Orang-Orang Asing” di Jakarta

apartments-2248660_1920
Sumber: legacyatjonesfarm

Sebagai ibu kota negara, bukan merupakan hal aneh apabila orang asing semacam turis mancanegara atau ekspatriat banyak yang menghabiskan waktu mereka di daerah Jakarta. Karena bukan orang Indonesia, maka turis mancanegara atau ekspatriat ini mungkin saja memiliki beberapa ekspektasi yang berbeda dengan kita saat berhubungan dengan sewa-menyewa apartemen.

Jangan selalu membayangkan turis mancanegara atau ekspatriat yang menginginkan fasilitas berlebih dengan desain kreatif macam deretan apartemen termewah dan termahal di Jakarta. Sebaliknya, luangkan waktu untuk mengenal mereka sebagai pembeli prospektif terlebih dahulu.

Karena kesibukan mereka, kita bisa meluangkan waktu untuk mengenal mereka melalui berbagai cara, misalnya dengan melihat kontak pada media sosial atau menanyakan pada orang-orang yang kita dan orang tersebut kenal untuk mengetahui apa saja yang ia suka dan tidak sukai. Dari situ, mungkin kita dapat berkomunikasi dengan orang yang bersangkutan dan membangun hubungan yang baik, sehingga sewa apartemen di daerah Jakarta menjadi makin menyenangkan.

Melalui proses “kenal-mengenal” ini, kita dapat mengetahui kebutuhan sewa apartemen mereka selagi di Jakarta, termasuk fasilitas dan desain yang paling mereka sukai. Siapa tahu, kita tidak kecelik saat menyewakan apartemen dengan fasilitas mewah nan kompleks, ternyata yang diminta justru yang sederhana dan yang penting aman?

4. Asah Kemampuan Berbahasa Inggris

learn-2001847_1920
Sumber: geralt

Hingga sekarang, reputasi bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa universal. Karena itu, penggunaan bahasa Inggris menjadi penting dalam komunikasi perdagangan, termasuk dengan turis mancanegara dan ekspatriat di Jakarta.

Kendati demikian, penggunaan bahasa Inggris dalam transaksi sewa-menyewa apartemen tidak hanya terbatas pada saat hendak menyewakan apartemen pada turis mancanegara atau ekspatriat yang di Jakarta saja. Alasannya, penduduk di beberapa daerah Jakarta pun banyak yang menggunakan bahasa Inggris.

Beberapa daerah Jakarta yang penduduknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari adalah daerah Jakarta Pusat dan daerah-daerah dengan banyak sekolah dan universitas internasional serta perusahaan multinasional.

Jadi, bila kita bertemu dengan mahasiswa Deakin College Jakarta, pekerja GfK Digital, atau sejenisnya, penting bagi kita menggunakan bahasa Inggris saat berkomunikasi dengan mereka. Dengan menggabungkan dari poin-poin tips sebelumnya, mereka akan menjadi makin tertarik dengan apartemen yang kita sewakan.

Bila perlu, jangan hanya mengganti kata “apartemen” menjadi “Apartment“, namun gantilah mata uang pembayaran menjadi IDR sebagai ganti Rp. Alternatifnya, mintalah mereka untuk membayar dalam currency USD, sehingga itu akan lebih “nyambung” dengan aktivitas sehari-hari mereka. Jangan lupa juga untuk mendeskripsikan apartemen dengan bahasa full English.

***

Keempat tips menyewakan apartemen di daerah Jakarta tersebut merupakan poin tips yang agak berbeda dengan tips menyewakan apartemen in general yang telah dibahas sebelumnya, sehingga menjadikan kegiatan penyewaan apartemen di Jakarta unik.

Memang dengan banyaknya kompetitor penyewa apartemen yang ada, sewa apartemen di Jakarta terdengar menyulitkan. Namun, bila kita tekun mengaplikasikan keempat tips di atas, kita tidak akan kesulitan mendapatkan orang-orang yang berminat dengan apartemen yang kita sewakan di daerah Jakarta.

Leave a Reply