Hal-Hal Keuangan Ini Tidak Boleh Luput dari Perhatian Anda Ketika Berinvestasi pada Apartemen

analysis-1841158_1920
Sumber: Pexels

Dalam beberapa tahun belakangan ini, berinvestasi pada apartemen menjadi sesuatu yang paling banyak dicari orang. Hal ini dikarenakan pertumbuhan sektor apartemen yang semakin menjanjikan dari tahun ke tahun.

Sebagai imbasnya, banyak orang yang disibukkan dalam kegiatan transaksi yang melibatkan sewa apartemen, jual apartemen, atau kegiatan transaksi investasi lainnya pada daerah apartemen potensial seperti Jatinangor, Sumedang.

Di dalam segala kerumitan proses transaksi ini, biasanya orang cenderung melihat tren penjualan dan laba yang dihasilkan sebagai bagian dari data keuangan penunjang keputusan investasi. Di saat yang bersamaan, masih banyak hal terkait keuangan yang tidak boleh luput dari perhatian saat berinvestasi pada apartemen, seperti berikut ini:

1. Laporan Tahunan

6261836140_f86156825d_b
Sumber: Charlotte Marillet

Berbeda dengan laporan keuangan yang fokusnya melihat kinerja keuangan sebuah usaha, laporan tahunan melihat pada keseluruhan kinerja selama satu tahun. Dari laporan tahunan akan terlihat pencapaian yang dihasilkan selama 1 tahun terakhir, termasuk pencapaian sebuah apartemen.

Selain itu, kita juga bisa melihat hal-hal dasar yang mendasari berdirinya apartemen, seperti visi, misi, dan motto pendirian. Penambahan atau pengurangan fasilitas dalam apartemen juga dapat menjadi acuan yang bisa kita lihat pada laporan tahunan ini, di mana hasilnya kita bandingkan dengan perubahan harga apartemen.

Penggunaan laporan tahunan tidak dapat berdiri sendirian, maka kita harus melengkapi dengan melihat data-data keuangan yang penting. Tidak hanya dari laporan keuangan, namun kita juga perlu mencocokkan dengan keadaan sesungguhnya. Beberapa poin berikutnya akan membahas lebih jauh mengenai poin-poin yang perlu kita lihat dari berinvestasi pada apartemen sebelum benar-benar mengeluarkan uang untuk membayar apartemen.

2. Catatan Atas Laporan Keuangan

calculator-1044173_1920
Sumber: stevepb

Karena panjangnya dan penuhnya tulisan pada bagian ini, biasanya kita cenderung melewatkan pembacaan pada salah satu bagian laporan keuangan ini. Padahal, laporan keuangan juga merupakan salah satu yang penting dilihat saat hendak berinvestasi pada apartemen, supaya kita dapat mengetahui kesehatan keuangan tempat apartemen yang kita tanamkan modal di dalamnya.

Kalau kita hanya melihat pada satu bagian laporan keuangan saja (seperti laporan laba rugi atau laporan arus kas), kita hanya mendapat gambaran samar-samar soal prospek sebuah apartemen. Namun, gambaran tersebut akan lebih jelas ketika kita melihat bagian-bagian lain dalam laporan keuangan, seperti catatan atas laporan keuangan.

Dari catatan atas laporan keuangan, kita akan tahu bagaimana data-data keuangan penting seperti laba, laba per lembar saham, dan lain-lain dihasilkan. Dari catatan itu juga, kita bisa melihat perubahan-perubahan data keuangan tertentu yang mungkin berdampak pada keputusan investasi, seperti perubahan metode penyusutan (depresiasi) bangunan dengan gap angka yang besar.

3. Tren Laba Per Lembar Saham dan Profil Sektor Konstruksi

excavators-1212472_1920
Sumber: Tama66

Saat kita melihat berbagai gambar soal membeli atau menyewakan apartemen, biasanya kita juga akan melihat nama-nama semacam Adhi Karya, PP, WIKA, dan lain-lain yang juga ikut terpampang. Nama-nama tersebut merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, yang berarti ada hubungan erat sektor konstruksi dengan apartemen sebagai salah satu sektor properti.

Biasanya, kita cenderung melihat laba per lembar saham dari apartemen sebagai sektor properti sebagai satu-satunya tolok ukur. Namun, siapa sangka, kalau laba per lembar saham dari sektor konstruksi bisa jadi tolok ukur yang baik untuk memperkirakan kecepatan jadinya apartemen yang hendak kita pesan atau prospeknya investasi pada apartemen tersebut?

Tidak cukup hanya melihat laba per lembar saham pada satu tahun. Karena saat ini ada banyak media di mana kita bisa memantau tren laba per lembar saham yang ada secara berkala, marilah kita menggunakan semua hal tersebut. Lihatlah juga keseluruhan profil sektor konstruksi secara keseluruhan supaya mendapat gambaran yang makin jelas akan kecakapannya.

Jadi, mulai sekarang, mari kita melihat pada kinerja sektor konstruksi yang berhubungan. Tidak hanya sekadar melihat pada reputasinya di mata global, namun lihatlah pula dari kecakapannya membantu apartemen sebagai sektor properti untuk mengembalikan dana investasi kita selaku para investor.

4. Perubahan Kurs Dan Keadaan Negara

skyline-1983321_1920
Sumber: najadhav

Kedua hal ini saya gabungkan mengingat keduanya identik. Karena investasi apartemen di luar negeri sedang booming, maka kedua hal ini, yakni perubahan kurs dan keadaan negara, seharusnya merupakan hal yang perlu kita perhatikan baik-baik.

Sayangnya, seringkali kita hanya memerhatikan salah satunya saja. Akibatnya, bukan hanya biaya investasi yang lebih membengkak dibandingkan return investasinya, namun juga aspek keamanan yang penting di apartemen menjadi sering terluput.

Akibat lebih lanjut, mungkin kita akan kehilangan apartemen yang sudah susah payah dibangun sektor konstruksi dan properti terpercaya dan kita percayakan dana investasi kita. Tentu kita tidak ingin hal tersebut terjadi, maka kita harus menetapkan tanggal-tanggal yang tepat untuk menjual-belikan apartemen.

Berbicara mengenai tanggal tepat, biasanya kita langsung berpikir soal perubahan kurs, karena beberapa negara cenderung memiliki “pergolakan” kurs yang cepat. Di satu sisi, ini juga bicara soal keadaan negara, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kondisi negara tempat kita berinvestasi di masa depan. Jadi selagi bisa membeli atau menjual apartemen, lakukanlah!

***

Dengan melihat pada 4 hal keuangan yang sering terluput dari perhatian saat memutuskan berinvestasi pada apartemen tersebut, kita akan menjadi orang-orang yang makin cermat dalam berinvestasi pada apartemen. Sebagai imbasnya, kemungkinan bagi kita untuk terhindar dari bahaya penjahat apartemen makin kecil.

Akhirnya, mari kita lebih cermat saat berinvestasi pada apartemen. Jangan hanya ikut-ikutan tren, namun lihatlah keadaan dan laporan sekitar supaya apa yang kita curahkan tidak sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *