Uniknya Apartemen Berbentuk Segitiga

uniknya apartemen berbentuk segitigaGedung-gedung unik memang selalu mudah menarik perhatian orang, bentuknya yang tidak biasa menjadi daya tarik tersendiri. Seperti halnya apartemen berbentuk tetrahedron atau segitiga di Manhattan, New York, Amerika Serikat ini.

Apartemen unik yang bernama Via 57 West tersebut adalah karya dari Bjarke Ingels Group (BIG) dengan luas mencapai 87.330 meter persegi. Bagian eksteriornya diselimuti material metal dan berbentuk miring mengikuti bentuk segitiga.

Baca juga :

Kerangka struktural apartemen Via 57 West telah selesai dikerjakan pada musim panas tahun lalu, sementara pekerjaan interiornya masih akan berjalan beberapa bulan ke depan. Meski demikian, menurut pengembang apartemen tersebut, para penyewa sudah mulai pindah ke unit-unit apartemen yang telah selesai sejak bulan Maret 2016 lalu.

uniknya apartemen berbentuk segitiga
foto : skyscrapercity.com

Selain bentuknya yang unik, hal lain yang menjadi daya tarik penghuni apartemen adalah teras apartemen menghadap langsung ke sungai Hudson dengan pemandangannya yang menakjubkan. Kemudian tersedia pula halaman seluas 2.040 meter persegi di bagian dasar apartemen dan satu ruangan kosong di bagian tengah bangunan dengan ukuran cukup besar.

Apartemen tersebut terdiri dari 709 unit apartemen termasuk beberapa fasilitas lengkapnya antara lain kolam renang, fitness center, lapangan basket indoor, ruang pemutaran film dan juga ruang ritel seluas 4.180 meter persegi.

Unit apartemen yang disediakan mulai tipe studio hingga empat kamar tidur dengan harga mulai 2.700 dollar AS (Rp 36 juta) hingga 22.000 dollar AS (Rp 293 juta) per bulannya. Bukan itu saja, Via 57 West juga menyewakan 142 unit apartemen yang kualifikasinya masih setara rumah murah dengan biaya sewa hanya 565 dollar AS (Rp 7,5 juta) per bulan.

BIG menyebut Via 57 West sebagai courtscraper, yakni gabungan dari kata ‘courtyard’ atau halaman dan ‘skyscraper’ atau gedung pencakar langit. BIG merupakan perusahaan arsitektur asal Denmark yang juga dikenal merancang Two World Center dan The Spiral Manhattan termasuk sebuah kantor polisi di wilayah Bronx.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *