Tips Berkaraoke dalam Apartemen Yang Baik dan Benar, Apa Saja, Ya?

girl-15754_1920
Sumber: PublicDomainPictures

Apa yang ada di pikiran kita saat mendengar kata “karaoke”? Seringkali, “kegiatan semalam suntuk” menjadi sesuatu yang langsung terpikir oleh sebagian di antara kita. Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat aneka macam fasilitas tempat karaoke identik dengan hal-hal yang berhubungan dengan malam.

Kenyataannya, sekarang ada banyak tempat karaoke yang buka saat matahari masih terbit, yakni pagi atau siang hari. Karena itu, artikel mengenai tips karaoke yang baik dan benar dalam apartemen hasil sewa atau jual-beli ini menjadi artikel yang terpisah dengan artikel sebelumnya.

Agar karaoke tetap berjalan dengan semestinya, ini dia “aturan-aturan” yang perlu kalian selaku para penghuni apartemen perhatikan:

1. Sesuaikan Warna Suara dengan Pilihan Lagu

microphone-1068289_1920
Sumber: designfoto

Hah? Kok bisa begitu? Ya, dan sesungguhnya, inilah alasan penting mengapa kita tidak boleh terus-menerus terbawa arus. Dari dahulu, yang namanya Top 40 itu selalu lagu populer, dan lagu populer pasti banyak yang memilih, termasuk di tempat-tempat karaoke di apartemen.

Ironisnya, banyak orang salah langkah dengan ikut-ikut mengambil lagu-lagu populer dengan teman-teman atau kerabatnya. Kalau tidak ada lagu-lagu tersebut, mereka jadi ogah-ogahan. Padahal, tidak semua lagu populer memiliki nada-nada yang bisa dijangkau tipe suara tertentu.

Bukan berarti yang bertipe suara tinggi seperti Sopran dan Tenor lantas selalu cocok dengan semua tipe lagu. Faktanya, suara-suara “tinggi” ini akan janggal kalau disuruh menyanyi lagu-lagu yang penyanyinya dari kalangan suara rendah seperti Bass. Apalagi, kalau suara tingginya memiliki pitch seperti Chipmunk.

2. Tidak Harus Menunggu Teman untuk Bisa Berkaraoke

microphone-1804148_1920
Sumber: klimkin

Hingga saat ini, banyak di antara kita yang ke mana-mana selalu didampingi teman. Seolah-olah tiada hari tanpa teman. Pokoknya, di tempat-tempat ramai atau sepi, harus ada teman! Apalagi di tempat karaoke apartemen yang terkenal sebagai tempat ajang pamer.

Faktanya, berkaraoke lebih dari sekadar mengajak teman. Bukan berarti melarang ikut karaoke bersama teman-teman, namun esensi sebenarnya dari berkaraoke lebih dari sekadar membangun kebersamaan. Sebagai seseorang yang telah lama menekuni dunia karaoke, saya merasakan ada sesuatu yang lebih “mendalam” dari kegiatan berkaraoke, yakni mengungkapkan perasaan terdalam.

Bagi sebagian di antara kita, perasaan merupakan sesuatu yang sulit untuk dikatakan. Atau, mungkin kita adalah orang-orang yang jujur soal perasaan sendiri, hanya kurang outlet untuk menyalurkannya.

Bagi mereka yang tergolong salah satu di antaranya, ada baiknya berkaraoke sendirian atau dengan teman yang mengerti kedalaman perasaan mereka. Jangan lupa untuk memilih lagu yang berlawanan dengan perasaan yang saat ini dirasakan, karena kalau lagunya sesuai dengan perasaan saat ini, yang ada malah baperan.

3. Berkaraoke Itu Bisa di Mana Saja!

singer-84874_1920
Sumber: BEP

Karena saat ini telah banyak apartemen yang menyediakan tempat karaoke, biasanya pikiran kita akan langsung tertuju pada apartemen dengan tempat karaoke. Disadari atau tidak, hal inilah yang membatasi kita untuk berpikir lebih dalam mengenai berkaraoke.

Ingat, apartemen dengan fasilitas tempat karaoke umumnya memiliki biaya sewa yang lebih mahal dibandingkan yang fasilitasnya serba minim. Lagipula, bukankah saat ini telah banyak fasilitas karaoke yang dapat diakses online dan gratis?

Manfaatkan sumber-sumber teknologi canggih semacam itu untuk mengasah kepandaian kita dalam tarik suara maupun mengungkapkan perasaan yang tidak terkatakan. Sambungkan dengan teknologi canggih lainnya, seperti wi-fi atau Augmented Reality yang membuat kita seolah-olah berada di dunia perkaraokean sesungguhnya supaya lebih greget.

Lihat, berkaraoke bisa di manapun, ‘kan? Asal kita memiliki alat, suara, dan yang terpenting adalah kemauan untuk meluangkan waktu, pikiran, dan perasaan, untuk kegiatan karaoke, pasti kita dapat melakukannya.

***

Akhir kata, berkaraoke seharusnya merupakan kegiatan yang menyenangkan, karena ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh dalam melakukannya. Terkhusus untuk para penghuni apartemen yang senantiasa butuh hiburan yang baru dan nampak sibuk, berkaraoke menjadi sarana yang tepat untuk membangun kebersamaan maupun meluapkan perasaan yang tidak terkatakan.

Bila sudah memperhatikan tips-tips berkaraoke dengan baik dan benar untuk penghuni apartemen di atas, kini saatnya kita membagikan kepada penghuni lain yang suka berkaraoke. Mari, bersama kita buktikan karaoke dapat mengubah dunia, mulai dari lingkungan apartemen kita.

Leave a Reply