Sistem Keamanan di Apartemen Ini Luar Biasa, Ini Dia Contohnya…

police-869216_1920
Sumber: Ryan McGuire

Baik diakui atau tidak, saat kita membahas mengenai keamanan di apartemen, pikiran kita umumnya akan tertuju pada polisi atau satpam sekuriti yang berjaga-jaga di daerah apartemen yang ditentukan. Biasanya yang seperti ini adalah apartemen berharga sewa mahal, seperti apartemen-apartemen termahal dan termewah di Jakarta.

Kenyataannya, mereka hanyalah segelintir dari contoh nyata keamanan di apartemen. Saat ini di beberapa apartemen di seluruh dunia, kita bisa menjumpai bentuk-bentuk “keamanan” lain yang tidak kalah sangarnya dalam hal bertarung melawan penjahat yang hendak mengganggu keamanan di apartemen kita.

Bentuk-bentuk “keamanan” tersebut ada dalam ulasan berikut ini bersamaan dengan penjelasannya. Masih penasaran? Teruskan membaca!

1. Safety Box

jewellery-2192121_1920
Sumber: EvgeniT

Di masa lalu, “kotak sakti” ini bernama brankas, dan ukurannya sangat besar kali panjang dan lebar. Ingat kunci antik yang hanya dapat dibuka oleh pemiliknya (karenanya membuat kotak satu ini menjadi aman)?

Nah, kotak yang sama kini muncul dengan tampilan yang lebih bervariasi. Di banyak apartemen di Singapura, kita tahu ada safety box bernomor, di mana kita perlu meng-input nomor-nomor seperti nomor PIN bank yang akan membantu mengamankan benda-benda kita. Kita pun telah mengenal safety boxsafety box lain yang tidak kalah canggih, seperti safety box yang kunci masuk-keluarnya adalah suara atau sidik jari manusia.

Karena safety box ini selalu ada di dekat kita, saya tidak ragu merekomendasikannya sebagai salah satu bentuk “keamanan” di apartemen yang paling ampuh selain petugas sekuriti. Sudah begitu, “perut”-nya dapat menampung hal-hal yang berharga bagi sebagian di antara kita, seperti boneka teddy bear atau snack oreo untuk kegiatan malam yang tidak berisik.

2. CCTV

cctv-2417559
Sumber: cctvsmartsystems

Siapa yang tidak kenal CCTV? Saat ini, sidekick-nya bagian keamanan yang serba gesit ini banyak berada di kebanyakan properti seluruh dunia, termasuk apartemen dan rumah.

Banyak orang yang mengatakan CCTV ampuh untuk menangkap gerak-gerik penjahat, sehingga kalau ada penjahat yang berbohong, ia akan segera tertangkap dengan rekaman CCTV yang ada. Hal tersebut benar, apalagi untuk CCTV yang ukurannya kecil dan dapat diletakkan di tempat manapun yang rawan seperti dapur.

Ukuran CCTV yang kecil dan nyaris tidak terlihat membuat siapapun tidak merasa dicurigai, diawasi, atau dimata-matai, termasuk para penjahat yang mengincar apartemen yang kita jual atau sewakan. Hal ini membuat CCTV dengan kemampuan “keamanan”-nya yang mumpuni menjadi salah satu sistem keamanan di apartemen yang sedang trending.

3. Robot Pelayan

robot-2256814_1920
Sumber: kellepics

Robot pelayan identik dengan sesuatu yang bertenaga besar dan dapat bertahan lama nyaris dalam segala keadaan. Karenanya, seringkali ketika mendengar tentang sistem keamanan apartemen yang optimal, kita cenderung berpikir tentang robot pelayan.

Apalagi, saat ini telah banyak ada robot pelayan yang dirancang dengan pengertian mengenai emosi manusia. Lebih jauh lagi, robot-robot ini bahkan memiliki pengertian yang sama dengan manusia, sehingga mereka dapat menjadi sidekick yang baik pula dalam mengamankan apartemen kita.

Di masa lalu, memang robot sering datang dalam bentuk yang lebih abstrak. Namun saat ini, cukup banyak pula robot yang bentuknya mirip manusia, sehingga akan menjadi replacement yang nyata bagi para sekuriti yang harus bekerja keras mengamankan apartemen siang dan malam.

***

Kalau kita melihat dari ketiga poin mengenai sistem keamanan di apartemen di atas, kita akan tahu kalau bukan hanya sekuriti saja yang dapat menjadi “sie keamanan” apartemen. Faktanya, ada sidekicksidekick yang setia dan juga berperan sama baiknya dalam menjaga keamanan di apartemen dari tangan penjahat.

Apalagi, kalau para sidekick penguat sistem keamanan di apartemen ini ditaruh pada tempat dan fungsi yang tepat. Jadilah fungsi mereka menjadi optimal untuk mengamankan apartemen kita maupun barang-barang yang ada di dalamnya.

Leave a Reply