Malam Hari Tidak Harus Berisik, Ini Dia Ide-Ide Kegiatan Apartemen Yang Bisa Kalian Lakukan Dengan Teman-Teman

cityscape-2098170_1920
Sumber: JohnsonGoh

Hingga saat ini, masih banyak orang yang beranggapan kegiatan apartemen di malam hari adalah kegiatan yang berisik. Hal ini terjadi karena kegiatan apapun yang dilakukan di apartemen di atas pukul 10 malam (yang adalah jam malam pada kebanyakan apartemen di berbagai negara) selalu menimbulkan suara-suara ribut bagi mereka yang sedang tidur.

Tidak jarang, kegiatan semacam itu meresahkan tidak hanya sesama penyewa apartemen maupun pemilik, namun juga tetangga di apartemen atau rumah sebelah. Lalu, masa’ mungkin berkegiatan di apartemen di malam hari tanpa harus cari ribut dengan tetangga kanan-kiri?

Persoalannya adalah pada jenis kegiatan itu sendiri. Selama kita bisa memilih kegiatan yang tidak berisik di malam hari, dijamin hidup kita juga lebih nyaman dan tertib sambil tetap melakukan kegiatan yang menyenangkan di malam hari.

Berikut adalah ide hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan bersama teman-teman se-apartemen di malam hari tanpa harus menimbulkan keributan:

1. Mendengarkan Musik

ipod-2194567_1920
Sumber: slightly_different

Hah? Gak salah, bukannya kegiatan apartemen yang berkaitan dengan mendengarkan musik selalu dilakukan sendirian, sudah begitu berisik pula?

Lagi-lagi, itu semua tergantung diri kita. Sebenarnya, musik identik dengan ramai karena jaman ini banyak menyuguhkan kita musik-musik top 40 yang ramai. Padahal kalau kita mau teliti lebih dalam lagi, banyak juga, kok, musik-musik yang tenang. Bahkan, musik-musik tenang ini akan memperlancar gelombang otak sehingga dapat membuat kita lebih jernih.

Daripada mendengarkannya sendiri, mengapa tidak membagikannya pada teman-teman se-apartemen? Dijamin ampuh, terutama ketika kalian adalah mahasiswa yang harus belajar hingga semalam suntuk.

2. Menonton (Nyaris) Segala Hal

tv-1271650
Sumber: 2247188

Salah kaprah yang terjadi saat orang-orang memilih menonton sebagai kegiatan apartemen di malam hari adalah: Pertama, ramai; dan kedua, kalau tidak mau ramai, tontonlah sendirian.

Percaya tidak percaya, ini semua terjadi karena sifat tontonan itu sendiri dan volume suaranya. Coba saja kecilkan volume suara tontonan yang ada, dan tahan diri untuk tidak jejeritan saat idola di televisi, layar smartphone, atau tablet memenangkan atau kalah dengan sesuatu. Yakinkan diri sendiri dan kawan-kawan kalau si idola juga tidak akan mendengar kita, tidak peduli seberapa keras volume tontonan atau suara kita dan kawan-kawan.

Alangkah baiknya kalau cahaya saat menonton televisi diminimalisir sedemikian rupa, sehingga tidak terlalu mengganggu penghuni lainnya. Ingat-ingat, pencahayaan itu ada batasnya.

3. Makan Snack Kecil-Kecilan

cookies-2236762_1920
Sumber: ErnaDaalman

Ini dia salah satu kegiatan apartemen di malam hari yang bisa meningkatkan keakraban, terutama untuk orang-orang berjiwa sosial penghuni kamar bertipe 2 BR ke atas. Alasannya, snacking dapat dilakukan dalam masing-masing kamar tanpa harus berpindah-pindah naik-turun tangga, yang akan menimbulkan keributan dan kotor di mana-mana.

Bila Anda telah membeli beberapa macam snack beberapa hari sebelumnya, maka snacking dapat menjadi malaikat penyelamat Anda dan kawan-kawan dari tuduhan keributan antar warga. Cobalah membeli snack yang bungkusannya ramah lingkungan atau mudah dibuka, sehingga tidak terlalu menimbulkan suara yang berisik atau banyak kotoran dibuang di malam hari.

Untuk meminimalisir bunyi-bunyian yang tidak diharapkan, kita dapat mengakalinya dengan membeli snack yang memiliki rasa lembut dan mudah dikunyah. Manis atau asin tidak menjadi masalah selama dapat meningkatkan keakraban tanpa harus takut dibilang berisik, namun pada umumnya, pelajar atau mahasiswa yang sibuk akan memilih rasa asin untuk menstimulasi otak saat belajar.

4. Mengobrol Dengan Teman

girls-1733357_1920
Sumber: cuncon

Ini lagi, apa gak salah? Lagipula, mengobrol itu identik dengan sesuatu yang berisik. Apalagi, kalau penghuni apartemennya banyak yang perempuan. Hmmm, bisa bayangkan apa yang terjadi, apalagi kalau dilakukan di malam hari.

Padahal, tidak selamanya obrolan itu harus dilakukan dengan suara keras. Kalau tidak mau ribut, bisa saja, kok, melakukannya dengan berbisik-bisik. Ingat, kendalikan tawa kita, jangan sampai kebablasan sehingga menimbulkan keributan.

Alternatifnya, bisa saja kita mengirimkan semacam “surat berantai” untuk para penghuni apartemen lain. Atau, kita mengobrol lewat teks dalam game semacam Werewolf di Telegram atau Discord. Bila ada fitur chat pada media sosial, kita pun dapat melakukannya. Ingat saja untuk mengatur pencahayaan agar tidak ada pihak lain yang terganggu dengan obrolan kita.

***

Nah, banyak dan menarik, ‘kan, kegiatan apartemen di malam hari yang kita bisa lakukan? Terbukti, kita bisa bersenang-senang melakukan kegiatan apartemen di malam hari tanpa harus menimbulkan terlalu banyak kegaduhan. Lagipula, kalau bisa tidak gaduh, mengapa tidak tenang saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *