Tangga Apartemen Dapat Dijumpai Di Tempat-Tempat Dan Dengan Bentuk-Bentuk Seperti Ini Juga, Lho!

stairs-2203730_1920
Sumber: PublicCo

Dengan banyaknya penekanan pada berbagai jenis kamar tidur di apartemen, bukan hal yang aneh apabila orang cenderung mengaitkan tangga apartemen dengan kamar tidur. Hal ini terjadi terutama pada kamar tidur yang tempat tidurnya bersusun, sehingga tangga dalam apartemen bukan sesuatu yang jarang ditemui.

Selain itu, kini telah banyak kita jumpai tangga-tangga berjenis serupa. Di era yang serba “mendewakan” aliran minimalis ini, kita akan menjumpai banyak area dalam apartemen yang memiliki tangga. Bukan sekadar menghubungkan antar lantai, namun dapat juga menghubungkan antar ruangan.

Berikut ini adalah tempat-tempat yang tidak lazim, namun sebenarnya ada, dalam apartemen yang memiliki tangga penghubung dengan macam-macam bentuk tangganya:

1. Dapur

dining-room-2132347_1920
Sumber: La-Belle-Galerie

Siapa sangka, daerah yang terkenal “terpencil” dalam sebuah apartemen ini juga dapat memiliki tangga penghubung. Lebih ajaib lagi, saat ini banyak apartemen di Indonesia yang mengadakan tangga yang langsung terhubung dengan dapur, sehingga dapur berada persis di bawah tangga.

Adanya tangga apartemen penghubung persis di atas dapur dapat membuat siapapun yang berada dalam dapur merasa terlindungi. Untuk orang yang melakukan sewa apartemen yang kebetulan berada pada area apapun yang langsung terkoneksi dengan tangga, maka orang-orang ini akan merasakan semangat makan yang semakin membara begitu turun dari lantai apartemen.

Bentuk tangga apartemen di sekitar dapur biasanya cenderung tinggi, kokoh, dan kuat. Artinya, tangga di sekitar dapur dalam apartemen biasanya tidak jauh-jauh dari “tangga satu arah” yang lurus. Jarang ada tangga berputar atau sejenisnya, apalagi yang bahan pegangannya rapuh.

Mengenai material yang membuat kokoh dan kuat, umumnya material tangga sekitar dapur terbuat dari marmer atau bahan-bahan kuat serupa. Selain itu, antar anak tangga biasanya cenderung berbentuk balok yang tebal dan kuat. Semua kekuatan tangga sekitar dapur ini dimaksudkan untuk perlindungan maksimal antar penghuni.

2. Ruang Bacaan

books-1840975_1920
Sumber: Pexels

Dalam sebuah apartemen bernilai jual modern, ruang bacaan merupakan salah satu ruangan dalam apartemen yang sayang untuk dilewatkan begitu saja, termasuk di dalamnya tangga apartemen. Hayo, yang kutu buku dalam apartemen, mana suaranya?

Boleh jadi, tangga yang terhubung dengan ruang bacaan merupakan tangga yang paling membosankan. Di saat yang bersamaan, tangga apartemen yang terhubung dengan ruang bacaan ternyata juga merupakan tangga yang fleksibel.

Selain terhubung dengan kamar tidur, biasanya tangga-tangga yang terhubung dengan ruang bacaan ini berhubungan erat dengan kamar kecil, terutama apabila apartemen hanya menyediakan kamar mandi bersama. Dalam beberapa situasi, tangga ruang bacaan dalam apartemen ini terhubung dengan minimarket atau mini coffee shop yang ada di 1 lantai setelahnya.

Di satu sisi, tangga dekat ruang bacaan ini biasanya fleksibel dalam bentuk maupun ketinggiannya. Ada beberapa tangga penghubung yang tinggi seperti tangga penghubung dapur, namun juga ada tangga penghubung ruang bacaan yang hanya berjarak 3-5 anak tangga dari ruang bacaan. Biasanya, tinggi semacam ini didapati antar satu rak buku dengan rak lainnya.

Dalam hal bentuk, tangga memutar mendominasi tangga sekitar ruang bacaan, meskipun ada juga beberapa tangga yang lurus bentuknya. Materialnya memang umumnya tidak sekuat yang terdapat di sekitar dapur, namun hiasan semacam boneka terkadang ditemui, sehingga dapat memperindah tangga apartemen.

3. Taman

pond-2122985_1920
Sumber: MelissKeaneArt

Pasti tidak ada yang menyangka, kalau ternyata taman merupakan satu lagi bagian apartemen yang dapat “diberi” tangga. Ya, benar, kok! Faktanya, ada berbagai jenis tangga penghubung yang dapat kita jumpai dalam taman tiap apartemen di dunia.

Tidak kalah uniknya dengan tangga penghubung pada ruang bacaan, tangga penghubung taman apartemen yang terkenal dengan dekorasi alam indahnya dapat memukau siapapun yang berkunjung pada apartemen. Selain itu, variasi ukurannya juga berbeda-beda tergantung daerah yang dihubungkan.

Umumnya, tangga yang menghubungkan antar taman dan ruangan lain pada apartemen cenderung kokoh dan terbuat dari bahan-bahan alami yang kuat seperti bebatuan, terlepas dari tingginya. Tinggi tangga penghubung taman bervariasi mulai dari sangat pendek hingga sangat tinggi.

Tangga penghubung taman yang sangat pendek biasanya menghubungkan antara taman dengan satu taman lainnya. Alternatifnya, tangga ini bisa juga nyambung ke area apartemen lain seperti parkiran mobil, motor, atau teras.

Sementara itu, tangga penghubung taman yang sangat tinggi langsung nyambung hingga lebih dari 2-3 lantai di atas taman.  Dengan ketinggian dan dekorasi tangga tinggi yang menarik, kita akan semakin betah berada pada apartemen yang memiliki taman dan tangga “pendamping” yang luar biasa ini.

***

Kalau kita lihat-lihat pada 3 contoh ruangan yang dapat diberi tangga penghubungnya di atas, kita tahu kalau ternyata tangga apartemen dapat menjangkau area-area yang “terpencil” seperti dapur dan taman atau “terlupakan” semacam ruang bacaan.

Dengan memperhatikan tiap keunikan tangga apartemen yang ada pada masing-masing ruangan, kita akan belajar lebih menghargai keunikan apartemen yang kita tinggali. Mata kita pun terbuka dengan keberagaman yang ada dalam tiap ruangan, baik itu yang “umum” seperti kamar tidur atau yang sering terlewatkan sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *