Negara-Negara Ini Punya Mesin Cuci Berbentuk Unik: Seperti Apa Bentuknya?

washing-machine-2069685_1920
Sumber: Noupload

Para penghuni dan orang-orang yang hendak menyewa apartemen, siapa yang tidak kenal mesin cuci? “Malaikat penolong” satu ini memang sering hadir di banyak apartemen beberapa tahun belakangan ini. Begitu kenalnya kita dengan mesin yang “bertugas” mencuci noda pakaian kita ini hingga kita dapat menemuinya dalam berbagai macam ukuran mulai dari yang kecil hingga yang paling besar.

Di masa lalu, kita mengenal mesin cuci kecil yang hanya memiliki beberapa tombol. Kemudian seiring dengan berkembangnya jaman, ada mesin berukuran besar yang tombolnya rumit persis telepon putar jaman dahulu. Beberapa tahun belakangan, marak mesin cuci “simpel” dengan berbagai macam variasi tombol (dan variasi lainnya juga) yang dapat membuat kita terkagum-kagum.

Artikel ini akan membahas tentang berbagai mesin pencuci yang bentuk maupun engine-nya unik di berbagai negara. Coba lihat ulasan berikut ini berikut dengan manfaatnya bagi penghuni apartemen:

1. Drumi Washing Machine – Kanada

18814089_1311531198954916_8558503582411375667_n
Sumber: Forgettable Feed

Mesin cuci unik yang pertama ini dibuat oleh salah satu perusahaan di Kanada yang bergerak khusus di bidang pembuatan mesin pencuci. Jangan tertipu dengan bentuknya yang mungil, karena sebenarnya mesin satu ini sangat kreatif dan inovatif.

Kebanyakan “tombol”-nya hanya dapat digerakkan lewat hentakan kaki. Ada aturan mengenai hentakan kaki yang dapat membuat proses pencucian menjadi berbeda satu dengan yang lainnya. Lebih uniknya lagi, kaki juga berperan untuk menutup dan membuka tutup atas mesin cuci.

Yang lebih mencengangkan lagi, mesin ini dapat beroperasi tanpa listrik, sehingga akan menguntungkan penghuni apartemen yang tidak mendapat fasilitas listrik gratis pada apartemen. Dikombinasikan dengan penggunaannya yang praktis, penghuni apartemen tidak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk mesin cuci yang terlalu besar namun lelet.

2. Robot Laundroid – Jepang

18765758_613867892157368_5809971097713807245_n
Sumber: ImmedTech

Dari beberapa dekade lalu, Jepang terkenal sebagai pencipta hal-hal anti-mainstream yang bermanfaat bagi segala lapisan masyarakat, terkhusus penghuni apartemen. Dalam hal mesin pencuci, Laundroid adalah mesin tercanggih buatan Jepang yang sekaligus merupakan mesin cuci tercanggih di dunia.

Seperti yang ada pada gambar, kita hanya perlu meletakkan barang cucian ke dalam mesin serba-automatis ini. Meskipun bentuknya “langsing”, kita tetap bisa menaruh benda-benda besar yang perlu masuk cucian seperti karpet atau sprei.

Hanya dalam 5 menit, setiap cucian bukan hanya menjadi bersih, namun juga terlipat rapi sesuai dengan analisa yang dilakukan mesin Laundroid. Jangan lupa, mesin ini tidak memiliki tombol apapun — Kitalah tombolnya, yakni kita “berbicara” dengan mesin untuk memulai ataupun mengakhiri proses.

Serba praktis, bukan? Saya kira, mesin cuci semacam ini akan menguntungkan untuk para penghuni apartemen yang mayoritas adalah mahasiswa atau orang-orang berusia produktif yang serba sibuk.

3. Mesin Cuci Berteknologi Internet – Korea Selatan

15793314415_79726d7339_k
Sumber: Kars Alfrink

Mesin cuci lain yang dapat bermanfaat untuk para penghuni apartemen yang sibuk adalah mesin pencuci dari negara Korea Selatan. Apa lagi kalau bukan Samsung yang tengah menjadi viral itu?

Sebagai perusahaan multinasioal berskala besar yang memproduksi berbagai macam produk, Samsung memproduksi mesin pencuci pakaian dan aneka macam kain yang terintegrasi dengan teknologi tinggi. Di samping itu, “tema besar” mesin cuci Samsung adalah Eco, sehingga tidak membahayakan hidup baik penghuni lain maupun keseluruhan planet Bumi.

Mesin cuci berbasis “internet” ini juga memiliki kontrol yang kurang lebih sama seperti Laundroid, yakni lewat suara manusia. Bedanya, pemakai dapat mengintegrasikan dengan program aplikasi remote mesin yang terinstal di device Samsung. Dari remote dan suara kita, kita dapat memulai proses pencucian dengan praktis.

Di beberapa daerah dengan koneksi wi-fi kencang seperti daerah deretan apartemen termewah di Jakarta, ini akan menguntungkan. Apalagi, daerah tersebut kebanyakan didominasi oleh “orang-orang sibuk” langganan koneksi kencang. Maka, mesin cuci anti-mainstream asal negara Ginseng satu ini akan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari penghuni apartemen.

***

Kalau dilihat-lihat, aneka mesin pencuci tersebut kebanyakan berasal dari negara Asia, negara di mana teknologi sedang maju-majunya. Lagipula, kehadiran mesin cuci semacam itu akan menolong penghuni apartemen untuk melakukan proses pencucian dengan cepat dan bersih, sehingga dapat menjadi “malaikat penolong” di manapun negara apartemen yang hendak disinggahi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *