Tips Bebaskan Spons Dari Kuman Untuk Dapur Sehat

dapur sehatSeringkali kita mengira bahwa dapur yang sehat adalah dapur yang tampak terang dan bersih. Padahal dalam kondisi demikian, bisa saja dapur penuh dengan kuman. Tahukah Anda bahwa salah satu tempat favorit kuman adalah di balik spons pencuci piring?

Meski begitu, Anda tak perlu terlalu cemas. Beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda untuk membebaskan dapur dari kuman yang bersarang sehingga rumah atau apartemen pun lebih sehat.

  1. Setiap kali setelah digunakan, bersihkan spons pencuci piring dari sisa-sisa makanan. Jangan biarkan spons lembab, usahakan membuatnya benar-benar kering sehingga tidak menjadi tempat bersarangnya kuman.
  1. Jangan bersihkan talenan dengan spons. Talenan memiliki banyak celah, dan jika dibersihkan dengan spons yang tidak bersih, talenan pun akan terkontaminasi.

Baca juga :

  1. Pilih spons yang permukaannya tidak terlalu menyerap air seperti spons hijau tipis misalnya. Sediakan spons cukup banyak di rumah dan ganti spons setiap kali terlihat sudah tidak layak pakai.
  1. Usahakan untuk menjemur spons di bawah sinar matahari setiap hari sehingga spons tidak menimbulkan bau.
  1. Gunakan spons secara bergantian bila spons yang lain sedang dikeringkan

Itulah beberapa tips menghindari kuman yang bersarang pada spons untuk dapur lebih sehat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply