Terdengar Suara-Suara “Aneh” Dalam Rumah? Atasi Dengan Cara Ini

interiorJika suatu saat Anda terbangun di tengah malam dan mendengar suara-suara “aneh” di dalam rumah seperti gemericik air di kamar mandi, suara aneh di plafon, derit anak tangga, sebaiknya jangan terburu-buru mengambil kesimpulan ada aktivitas paranormal yang sedang terjadi. Berusahalah untuk tetap tenang dan mencari solusinya.

Berikut ini beberapa contoh suara aneh yang mungkin sering Anda dengar :

1. Gemericik air di kamar mandi

Jika terdengar suara gemericik air di kamar mandi, bisa jadi terdapat kerusakan pada keran, saluran flush pada kloset tidak tertutup sempurna atau ada aliran air mengalir di dalam pipa. Untuk mengatasinya, cobalah mengganti keran, mengecek kloset dan membetulkan posisi katup. Pastikan keran air tertutup sempurna.

2. Dengung alat elektronik

Suara dengung ini bisa karena suara dengung pada AC, kipas angin dan lemari es. Meski sebagian orang tetap tenang, namun ada juga yang menganggapnya sebagai gangguan. Khusus untuk pendingin atau AC, suara dengung ini bisa berasal dari eksteriornya sedangkan dengung pada lemari es kemungkinan berasal dari motor kompresornya. Untuk itu, berkonsultasilah dengan ahli elektronik agar masalah cepat selesai.

3. Derit dari mesin pengering pakaian

Suara derit pada mesin pengering yang mengganggu ini bisa terjadi akibat muatan pada mesin melebihi kapasitas yang ditentukan. Karenanya, matikan mesin dan mulai atur pakaian hingga tersebar merata. Usahakan agar Anda mengatur pakaian dengan seimbang.

4. Derit dari anak tangga kayu

Suara derit pada anak tangga kayu umumnya terjadi jika ada seseorang melangkah di atasnya. Hal itu disebabkan adanya gesekan antara satu lempengan kayu dengan lempengan kayu lain hingga menimbulkan bunyi. Untuk mengatasi hal ini, pastikan tidak ada ruang bagi kayu untuk saling bergesekan yaitu dengan memaku, mengelem atau mengebor papan kayu pada anak tangga.

5. Gemerisik atau suara garukan di dinding atau plafon

Jika ini terjadi, kemungkinan besar rumah Anda telah diserang oleh hewan pengerat. Bisa jadi tikus-tikus atau hewan liar lainnya sedang menumpang di plafon rumah Anda, pembatas dinding atau di belakang lemari. Sebaiknya segera atasi hewan-hewan ini agar tidak menimbulkan gangguan berupa bunyi-bunyian.

Jadi, suara mana yang paling sering Anda dengar di dalam rumah?

 

 

Leave a Reply