Tips Mengamankan Apartemen Untuk Bayi

mengamankan apartemen untuk bayiJika Anda tinggal di hunian vertikal atau apartemen bersama bayi, artinya Anda wajib lebih berhati-hati. Selain mengamankan balkon apartemen, ternyata Anda juga wajib mengamankan bagian dalam apartemen dari jangkauan mereka. Lalu apa saja bagian-bagian apartemen yang harus diamankan dari bayi?

1. Tutup dan amankan semua kontak listrik

Kontak listrik sebaiknya diletakkan sejajar dengan tinggi orang dewasa. Namun bila tersedia posisi kontak listrik yang rendah dan terjangkau oleh bayi yang merangkak, segera tutup dan amankan dengan pengaman khusus listrik, agar tidak mencelakai bayi Anda.

2. Amankan sudut-sudut yang tajam

Bayi yang sedang belajar berjalan, pasti mudah menabrak benda-benda di sekelilingnya. Agar bayi Anda tidak terluka, gunakan pelindung pada sudut-sudut yang tajam seperti sudut meja, sudut kursi dan sebagainya.

3. Gunakan karpet di kamar bayi

Penggunaan karpet khususnya di kamar bayi sangat penting untuk mencegah bayi terluka akibat terjatuh. Apalagi pada umur-umur tertentu, bayi seringkali merangkak keluar dari tempat tidurnya. Gunakan karpet yang berbulu halus dan tebal atau yang kedap air agar tidak mudah rusak.

4. Amankan semua tombol

Semua benda yang memiliki tombol terlihat sangat menarik bagi bayi. Hal ini disebabkan hampir semua mainan bayi memiliki tombol yang dapat diputar untuk melatih motoriknya. Karenanya, gunakan pelindung tombol atau penutup tombol yang bisa dibeli di pasaran, terutama tombol kompor sehingga bayi tidak bisa menekannya.

5. Amankan pintu kulkas

Sekali bayi merasakan dinginnya suhu dalam kulkas, berikutnya dia akan mencari tahu sendiri dengan merangkak dan membuka pintu kulkas. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, amankan pintu kulkas menggunakan pengait khusus dari karet dan letakkan di area yang lebih tinggi sehingga tidak terjangkau bayi.

Itulah beberapa tips mengamankan apartemen untuk bayi. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply