Ingin Membuat Vertical Garden? Penuhi 3 Syarat Ini Dulu

vertical gardenMembuat vertical garden atau taman yang menempel di dinding saat ini mulai dikenal dan diminati masyarakat. Metode tanam seperti ini memang cocok bagi mereka yang tidak memiliki lahan untuk ditanami namun tetap ingin menghijaukan lingkungan rumah. Dengan memanfaatkan dinding yang kosong, pengadaan vertical garden pun bisa membuat suasana rumah sehat dan segar.

Namun ternyata membuat vertical garden atau vega tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada 3 syarat yang harus dipenuhi agar tanaman dapat tumbuh subur. Apa sajakah syaratnya?

1. Cahaya matahari

Cahaya matahari adalah salah satu faktor yang dapat membuat tanaman tumbuh dengan subur. Karenanya, usahakan agar letak vertical garden terkena paparan sinar matahari dan hindari daerah yang ternaungi karena akan menghambat pertumbuhan tanaman itu sendiri.

vertical garden2. Air

Air juga merupakan salah satu kebutuhan utama tanaman, terlebih untuk tanaman vertical garden. Hal ini disebabkan media tanam pada vertical garden umumnya menggunakan glasswool atau rockwool yang jelas tidak bisa menyimpan cadangan air sebaik tanah termasuk menutrisi tanaman.

Khusus pada vertical garden, nutrisi tanaman diperoleh dari pupuk yang akan dilarutkan dalam tanki penyiram. Karenanya, pasokan air harus lancar dan berkualitas baik, minimal setara dengan air PDAM.

Baca juga :

3. Listrik

Listrik termasuk kebutuhan penting pada tanaman vertical garden. Karena pada metode ini penyiraman tanaman dilakukan melalui pompa listrik yang akan mengalirkan air pada bagian atas tanaman tersebut. Jadi, perlu adanya sistem cadangan yang dapat mengalirkan air secara otomatis dari keran seandainya listrik padam.

Itu dia beberapa syarat yang wajib dipenuhi sebelum Anda membuat sebuah vertical garden di rumah. Jika semuanya telah tersedia, Anda bisa berkonsultasi kepada penyedia jasa pembuatan vertical garden agar hasilnya sesuai harapan.

 

Leave a Reply