Begini Syarat Mengajukan Kredit Apartemen

kredit apartemenMemiliki tempat tinggal merupakan kebutuhan utama bagi siapapun, namun keadaan keuangan yang tidak mendukung seringkali menjadi kendala dalam mewujudkan impian. Karenanya, sistem kredit dapat menjadi solusi tepat dalam membeli sebuah hunian yang diinginkan selama ini, termasuk membeli unit apartemen.

Sebagai hunian yang menyasar segmen menengah ke atas, bagi sebagian besar orang, harga beli apartemen tidak terjangkau jika dilakukan secara tunai, apalagi hampir setiap tahun harga apartemen terus bertambah.

Nah, bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas dan ingin mengajukan kredit apartemen, berikut ini syarat dan prosedur yang diperlukan untuk pengajuannya.

1. Kelengkapan dokumen

Sebagaimana pengajuan kredit kepemilikian, tentu ada beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi agar pengajuan dapat diproses dan berjalan lancar. Inilah dokumen-dokumen yang diperlukan :

  • Fotokopi KTP
  • Surat Nikah (bila sudah menikah)
  • Kartu Keluarga
  • Fotokopi buku tabungan (cover dan tabungan selama 3 bulan terakhir)
  • Surat keterangan pegawai tetap
  • Slip gaji
  • NPWP
  • Foto berwarna 3 x 4 sebanyak 4 lembar

Selanjutnya jika Anda berhasil memesan unit apartemen, ada beberapa dokumen yang perlu dilengkapi seperti surat pemesanan apartemen, fotokopi jadwal pembayaran dan pembayaran uang muka.

Baca juga :

2. Persiapan uang muka

Melakukan pembelian apartemen secara kredit, tentu Anda harus mempersiapkan uang muka atau down payment yang nilai nominalnya berbeda-beda tergantung dari pihak bank. Namun umumnya nilai uang muka adalah 20% dari harga apartemen tersebut.

kredit apartemen

3. Suku bunga

Besaran suku bunga kredit yang ditentukan oleh pihak bank akan kita bayarkan selama proses cicilan berlangsung. Besarnya suku bunga kredit ini berbeda-beda sesuai dengan besarnya pinjaman.

Secara umum, pinjaman yang bernilai Rp 350 juta ke atas akan mendapatkan suku bunga kredit sebesar 12%, sedangkan pinjaman sebesar Rp 350 juta ke bawah akan ditetapkan suku bunga sebesar 11,5%. Suku bunga tersebut akan bersifat fix selama 1 tahun, dan selanjutnya bersifat floating atau mengikuti suku bunga yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia.

4. Biaya administrasi

Setelah melakukan akad kredit, Anda akan diminta membayar biaya tambahan yang berupa biaya administrasi atau biaya prarealisasi. Biaya administrasi ini berbeda antara bank yang satu dengan yang lain. Karenanya, persiapkan biaya tambahan ini di luar biaya uang muka pembelian apartemen.

Itulah syarat dan prosedur yang diperlukan untuk mengajukan kredit apartemen. Sebelum memutuskan pengajuan kredit, pastikan terlebih dahulu bahwa penghasilan Anda mampu untuk membayar biaya-biaya selama proses pengajuan kredit hingga membayar cicilannya nanti. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply