Lakukan Ini Agar Sprei Bebas Kuman Dan Virus

sprei bebas kuman dan virusSeorang profesor mikrobiologi dari University of Arizona, Kelly Reynolds, MSPH, PhD, mengungkapkan bahwa jika anggota keluarga sering terkena alergi, ruam kulit atau flu, bisa jadi penyebabnya ada pada sprei. Apalagi jika Anda sering makan di tempat tidur sambil menonton televisi, tanpa sengaja Anda akan menjatuhkan remah-remah makanan yang tentu saja dapat menarik serangga-serangga kecil berkeliaran di atas sprei Anda.

Memang, membuat sprei bebas kuman, virus atau serangga tidak mudah dilakukan. Namun Anda dapat melakukan beberapa cara yang setidaknya bisa membuat sprei bersih lebih lama dan tidak mengganggu kesehatan keluarga, seperti berikut ini :

1. Cuci sprei dengan air panas

Menurut profesor Reynolds, mencuci sprei dengan air panas sangat baik untuk menghilangkan kuman. Jika mesin cuci Anda tidak memiliki sistem mencuci dengan air panas, Anda dapat merendam sprei dengan air panas selama beberapa saat sebelum mencucinya hingga bersih.

2. Cuci sprei seminggu sekali

Sangat banyak keluarga yang tidak memperhatikan kebersihan spreinya, bahkan cenderung mencucinya sebulan sekali atau beberapa bulan sekali. Padahal jika Anda mengeluarkan keringat banyak, memiliki hewan peliharaan yang gemar melompat ke atas tempat tidur dengan kaki kotor mereka atau Anda terbiasa tidur dengan pakaian yang telah digunakan seharian, disarankan untuk mencuci sprei satu atau dua kali dalam seminggu.

Namun jika Anda berganti baju sebelum tidur, tidak pernah makan di atas tempat tidur, tidak memiliki hewan peliharaan, Anda boleh mencuci sprei dua minggu sekali.

Baca juga :

sprei bebas kuman dan virus

3. Tambahkan pemutih

Khusus untuk sprei berwarna putih, tambahkan pemutih pada saat mencucinya. Pemutih ini dapat berfungsi membunuh virus penyebab flu termasuk membersihkan sprei secara mendalam. Namun tidak disarankan menambahkan pemutih untuk sprei yang berwarna, karena seringkali pemutih justru memudarkan warna sprei. Sprei berwarna cukup direndam dengan air panas sebelum mencucinya.

4. Jemur hingga kering

Hindari menggunakan sprei dalam kondisi lembab atau belum benar-benar kering, karena merupakan rumah bagi kuman dan virus. Pastikan sprei yang telah Anda cuci dijemur di bawah sinar matahari hingga kering sempurna. Jika kesulitan mendapatkan sinar matahari karena pergantian cuaca, usahakan mesin cuci Anda bisa mengeringkan sprei dengan baik.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kuman dan virus pada sprei sebagai penyebab flu atau ruam kulit pada anggota keluarga Anda. Sekarang tak ada alasan lagi untuk malas mencuci sprei ya!

 

Leave a Reply