Bersih-Bersih Rumah Dengan Gula, Mengapa Tidak?

membersihkan rumah dengan gulaTak hanya bermanfaat untuk membuat masakan lezat dan minuman terasa manis, gula ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan rumah lho! Meski gula identik dengan semut, namun dengan takaran dan cara yang tepat, gula dapat membersihkan noda dan kotoran pada beberapa perabotan di rumah Anda.

Bagaimana caranya? Ikuti beberapa tips di bawah ini ya.

1. Campurkan gula dengan lemon

Bingung bagaimana menghilangkan karat pada beberapa perabotan berbahan besi? Gunakan saja campuran gula dengan lemon. Caranya, campurkan 3 sdm gula dengan 1 buah lemon yang sudah diperas, lalu usapkan perlahan pada besi yang berkarat. Dengan campuran ini, karat pada besi akan menghilang dengan sendirinya. Anda juga bisa mengganti lemon dengan jeruk nipis atau tanaman citrus lainnya.

membersihkan rumah2. Campurkan gula dengan soda kue

Untuk membersihkan noda pada perangkat makan, gunakan campuran gula dengan soda kue. Soda kue sejak lama telah dikenal sebagai bahan alami pembersih noda, jika dicampurkan gula yang teksturnya kasar, maka dapat menjadi pembersih sekaligus scrubbing. Larutkan 3 sdm gula dengan 1 sdm soda kue dalam air secukupnya. Larutan ini sangat efektif untuk membersihkan kerak pada piring-piring kotor.

Baca juga :

3. Campurkan gula dengan air mawar

Biasanya campuran gula dengan air mawar digunakan untuk scrubbing pada wajah, ternyata campuran ini juga terbukti efektif untuk membersihkan perabotan berbahan perak. Selain membuat perabotan bersih dari noda, campuran gula dengan air mawar juga dapat membuat warna perak semakin berkilau.

4. Campurkan gula dengan cuka

Campuran ini dikenal juga sebagai pembersih lantai alami. Caranya, campurkan 1 sdm gula dengan 4 sdm cuka, lalu gosokkan pada lantai yang bernoda dengan sponge atau kain microfiber. Selanjutnya gunakan kain bersih untuk mengusapnya hingga kering. Dengan ini lantai rumah Anda akan kembali bersih dan berkilau.

Membersihkan rumah dengan gula ternyata mudah, bukan? Ini juga bisa kamu terapkan untuk membersihkan apartemen ya. Yuk, bersih-bersih rumah!

 

Leave a Reply