Ingin Membawa Hewan Peliharaan Ke Dalam Apartemen? Perhatikan Tips Ini

membawa hewan peliharaan ke dalam apartemenMeski pada umumnya pihak apartemen melarang penghuni membawa hewan peliharaan karena alasan keamanan, kebisingan dan perilaku hewan yang dianggap mengganggu penghuni lain, namun kini ada beberapa apartemen dan kondominium yang memperbolehkannya.

Bahkan jika dilarang pun, penghuni masih bisa dengan leluasa membawanya, karena di mata hukum, membawa hewan peliharaan ke dalam unit apartemen memang diijinkan.

Nah, jika kebetulan pihak pengelola pada apartemen yang Anda tempati memperbolehkan penghuni membawa serta hewan peliharaannya ke dalam unit, sebaiknya perhatikan dahulu beberapa tips di bawah ini agar tidak ada masalah di kemudian hari.

1. Siapkan perjanjian tertulis

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan perjanjian tertulis antara Anda sebagai penyewa dengan pihak pengelola apartemen. Tidak ada seorangpun yang menginginkan masalah, karenanya perjanjian tertulis dapat menjadi pegangan masing-masing pihak agar mengetahui batasan-batasan semestinya.

2. Pastikan hewan Anda cocok tinggal dalam apartemen

Setelah masalah perijinan beres, selanjutnya Anda bertanggung jawab pada kesehatan, kenyamanan dan kebugaran hewan. Pastikan hewan Anda cocok tinggal dalam apartemen. Pilih jenis hewan yang tidak terlalu besar agar tidak sulit beradaptasi dalam apartemen. Sadari juga bahwa kehadiran hewan bisa menimbulkan alergi dan gangguan kesehatan bagi penghuni apartemen. Jadi, kebersihan hewan tersebut harus Anda utamakan.

3. Pilih apartemen lantai bawah

Sebaiknya pilih unit apartemen di lantai bawah daripada lantai atas. Apartemen lantai bawah, akan memudahkan Anda untuk membawa binatang peliharaan jalan-jalan ke luar apartemen untuk sekedar buang air atau berolahraga.

Baca juga :

4. Pilih unit apartemen berukuran besar

Unit yang berukuran besar akan membuat hewan Anda bebas bergerak dan berolah raga. Buat pengaturan dalam ruang apartemen yang lebih terbuka, dengan meminimalkan penggunaan sekat dan mengoptimalkan ruang yang Anda miliki. Buka gorden jendela apartemen atau blinds apartemen agar hewan dapat menikmati pemandangan di luar apartemen dan menikmati hangatnya sinar matahari.

membawa hewan peliharaan ke dalam apartemen5. Latih hewan agar tidak berisik dan mengganggu

Agar tamu-tamu yang berkunjung ke dalam apartemen Anda tetap nyaman, latih hewan peliharaan khususnya anjing agar tidak berisik dan membahayakan tamu yang datang. Latih juga hewan agar mampu membuang air dan kotoran pada tempatnya sehingga tidak berceceran di dalam apartemen.

6. Beri makan dan minum teratur

Berilah makanan dan minuman secara teratur kepada hewan peliharaan Anda di tempat yang tersembunyi sehingga terjaga privasinya. Selain itu, berikan juga mainan gigit-gigitan agar ia tidak merasa bosan sepanjang hari berada di dalam ruangan.

7. Hindarkan dari bahan berbahaya dan beracun

Lakukan beberapa pencegahan sebagaimana Anda lakukan pada seorang anak kecil, yaitu hindarkan kabel-kabel, sambungan listrik, cairan pembersih hama dan sebagainya dari jangkauan hewan peliharaan. Sediakan pula air purifier agar ruangan tetap segar dan bersih.

Jadi, tak perlu khawatir lagi membawa hewan peliharaan ke dalam apartemen, kan? Beberapa tips di atas akan membantu Anda tetap aman dan nyaman tinggal bersama hewan peliharaan. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply