Cara Praktis Menjaga Kitchen Sink Tetap Bersih

cara menjaga kitchen sink tetap bersihKitchen sink atau bak cuci piring adalah salah satu tempat paling kotor di rumah atau apartemen Anda. Bayangkan, apa saja yang Anda masukkan ke dalamnya setiap hari? Tak hanya piring kotor, sisa-sisa pengolahan makanan, sisa minuman dan bakteri dari hasil mencuci sayur dan buah juga turut berkutat di dalamnya.

Sink penuh dengan segala macam bakteri yang bisa membahayakan kesehatan Anda dan keluarga. Untuk menjaganya tetap bersih, lakukan beberapa cara praktis berikut ini.

  • Bersihkan sink setiap hari

Sink harus dibersihkan setiap hari. Tambahkan cairan pencuci piring dan air hangat ke dalam sink, lalu bersihkan perlahan menggunakan spons bersih, serbet atau kain dengan menggosoknya secara lembut. Selanjutnya, bilas sink dengan air mengalir. Segera cuci kain pengelap sink setiap kali selesai digunakan.

cara menjaga kitchen sink tetap bersih

  • Keringkan sink

Setiap kali selesai digunakan, keringkan sink menggunakan kain atau serbet khusus. Menjaga wastafel dapur tetap kering bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri, karena bakteri suka berkembang biak di area yang basah.

Baca juga :

  • Bersihkan keran

Tak hanya sink yang perlu diperhatikan kebersihannya, bagian keran dan leher keran pun harus tetap terjaga. Apalagi keran paling sering disentuh dalam sekali cuci piring. Bilas keran dengan air hangat lalu bersihkan dengan menggunakan cairan anti bakteri.

Menjaga kebersihan kitchen sink di rumah atau apartemen harus dilakukan secara rutin. Menurut penelitian dari profesor di Univesity of Arizona, bakteri di kitchen sink melebihi jumlah bakteri di toilet duduk. Bakteri-bakteri tersebut adalah E.Coli, Campylobacter dan Salmonella.

 

Leave a Reply