Tips Membersihkan Bathtub Berdasarkan Jenis Materialnya

tips membersihkan bathtubKamar mandi merupakan salah satu tempat dalam rumah atau apartemen yang paling disukai bakteri dan kuman. Jika tidak cermat membersihkannya, tentu kamar mandi bisa menjadi sarang penyakit yang berbahaya bagi seisi rumah. Membersihkan kamar mandi tidak hanya pada area lantai, area bathtub pun harus dibersihkan dengan maksimal.

Namun membersihkan bathtub tidak bisa sembarangan. Karena beda jenis materialnya, beda pula cara membersihkannya. Lalu bagaimana cara membersihkan bathtub berdasarkan jenisnya? Simak uraian berikut ini.

Bathtub dari porselen

Untuk jenis ini, Anda tidak perlu khawatir, karena hampir semua pembersih kamar mandi aman digunakan pada bathtup porselen. Jika ingin menggunakan bahan alami, Anda bisa membersihkannya menggunakan campuran baking powder dan air.

Caranya, campur baking powder dengan air, lalu siramkan ke dalam bathtub. Gosok semua sisi bathtub dengan teliti selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Jika noda membandel ternyata belum hilang, Anda bisa menggunakan amplas khusus porselen untuk membersihkan bathtub.

Baca juga :

Bathtub dari fiberglass

Bagi Anda yang memiliki bathtub terbuat dari fiberglass, cairan pembersih bisa menggunakan cairan pencuci piring, pembersih kamar mandi non-abrasif atau deterjen cair. Anda juga bisa menggunakan campuran baking soda dengan air hingga tampak seperti pasta. Lalu dioleskan ke seluruh bagian bathtub, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air sambil digosok perlahan hingga bersih.

Bathtub dari acrylic

Bathtub yang terbuat dari bahan acrylic juga harus dirawat dengan cara berbeda. Umumnya pembersih yang aman adalah pembersih kamar mandi non-abrasif dan non-aerosol. Namun jangan lupa, untuk membilas dengan air hingga benar-benar bersih seluruh sisi bathtub dari pembersih yang mengandung bahan kimia tadi.

Itu dia cara membersihkan dan merawat bathtub berdasarkan jenis materialnya. Semoga bermanfaat untuk menjaga kebersihan kamar mandi apartemen Anda.

Leave a Reply