Tips Untuk Rumah Bebas Dari Nyamuk

bebas nyamukSiapapun ingin mempunyai rumah bebas nyamuk, entah dengan alasan karena mengganggu kenyamanan ataupun alasan kesehatan karena kita tahu, beberapa jenis nyamuk bisa menimbulkan penyakit.

Perlu diketahui bahwa kondisi cuaca dapat memicu perkembangbiakan nyamuk semakin pesat. Selain itu kondisi lingkungan juga berpotensi meningkatkan pertumbuhan nyamuk, seperti banyak genangan air dan kotor. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya agar pertumbuhan nyamuk dapat terhambat.

Beberapa tips singkat di bawah ini mungkin bisa diterapkan untuk membuat sebuah hunian bebas nyamuk.

  • Perhatikan sirkulasi udara dan jaga kebersihan

Biasakan membuka semua jendela di siang hari dengan tujuan mengatur kelembaban dalam ruangan dan menjadikan ruangan tetap segar karena udara luar.

Yang perlu diperhatikan tetap gunakan kasa nyamuk untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam ruangan.

Jangan biarkan sampah bertumpuk. Segera buang apabila sudah tidak diperlukan lagi.

  • Buat suasana terang dalam ruangan

Sebuah ruangan yang terang dan sejuk pada umumnya tidak disukai nyamuk. Oleh karena itu buatlah pencahayaan yang baik seperti desain bukaan jendela yang cukup lebar atau dengan pencahayaan buatan yang cukup.

Selain itu jangan lupakan warna lantai kita. Pada umumnya semakin gelap warna lantai akan mengundang nyamuk, jadi aplikasikan warna yang lebih terang untuk lantai kita.

tumpukan pakaian kotor

  • Perhatikan penyusunan barang dan pakaian kotor

Cara kita menyusun dan menempatkan barang-barang bisa juga membantu kita membuat hunian yang bebas nyamuk.  Selalu tata barang-barang di rumah dengan rapi dan teratur.

Kebiasaan menumpuk pakaian kotor juga menjadi pemicu perkembangbiakan nyamuk. Ini disebabkan karena ruangan menjadi bau dan lembab. Solusinya letakkan semua pakaian kotor dalam keranjang khusus dengan penutup.

Baca juga :

  • Rawatlah taman anda

Apabila rumah anda memiliki sebuah taman, jangan lupa untuk selalu merawatnya sehingga selain sedap dipandang juga tidak mengundang kehadiran nyamuk. Tanamlah tanaman lavender di sekeliling rumah juga bisa membantu mengusir nyamuk.

Demikian beberapa tips agar rumah bebas nyamuk yang sedikit bisa membantu anda untuk mempunyai ruangan dan hunian yang lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *