Pilihan Bijak Antara Rumah Atau Apartemen

pilih rumah atau apartemenMasyarakat di perkotaan kini membutuhkan kepraktisan khususnya saat harus melakukan perjalanan menuju ke tempat kerja. Tempat tinggal mereka sebisa mungkin dekat dengan tempat kerja. Tak dapat dipungkiri bahwa tingkat kenaikan pendapatan tidak sebanding dengan harga rumah.

Situasi yang seperti itu jelas terbaca oleh para pengusaha properti sehingga muncullah solusi hunian masa kini seperti apartemen. Mengapa harus apartemen? Ini jelas dikarenakan keterbatasan lahan apalagi di kota-kota besar.

Bisnis properti seperti apartemen ini sangat disadari tidak langsung memikat minat dari masyarakat perkotaan yang memiliki banyak sekali pertimbangan terutama karena properti jenis ini menggunakan bentuk kepemilikan lahan bersama.

Dengan pertimbangan masyarakat seperti itu bukan berarti kemudian properti jenis ini sepi peminat. Pihak pengembang tidak patah arang untuk terus melakukan promosi dengan kenyataan yang tidak bisa dipungkiri bahwa harga properti tidak pernah turun, dan terus menyadarkan setiap orang bahwa mereka memang butuh hunian.

Tapi mari kita kenali pilihan-pilihan bijak antara membeli rumah atau apartemen? Kenali dulu tentang tujuan yang ingin dicapai dan kebutuhan kita, sebab perbedaan kebutuhan dan tujuan itu akan menentukan hak dan kewajiban tentang hunian yang kita pilih.

Pertimbangkan lokasi dan biayanya. Mengapa ini penting? Karena kita akan menempatinya dalam jangka waktu yang panjang. Apakah kita membutuhkan kedekatan secara jarak dengan tempat kerja agar tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dan berkutat dengan kemacetan.

Perlu diingat untuk yang satu ini apabila tempat tinggal kita di tengah kota akan sangat sulit untuk mendapatkan rumah tapak . Kalaupun ada tidak dipungkiri kalau harganya pun sangat tinggi.

Nah, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih apartemen atau rumah.

1. Status hunian yang kita pilih

Membeli rumah sama halnya dengan rumah dan tanahnya sekaligus. Sementara untuk apartemen, kita hanya memiliki ruangan di dalamnya. Fasilitas yang ada untuk digunakan bersama penghuni apartemen lain dengan istilah kepemilikan bersama.

Untuk rumah surat Sertifikasi Hak Milik sudah pasti harus ada. Sedangkan apartemen kita hanya diberi sertifikat Hak Guna Bangunan yang rata-rata pemakaiannya hanya sampai 20 tahun.

Yang terpenting lagi adalah cek legalitas pengembang dari hunian yang kita pilih.

2. Proses dan Biaya Pemeliharaan

Saat mempertimbangkan membeli rumah maka otomatis kita bertanggung jawab untuk semua biaya perawatannya. Sedangkan apartemen, pengelola apartemen lah yang bertanggung jawab untuk perawatannya yang kisaran jumlahnya berbeda tergantung pada kebijakan pengelola.

rumah atau apartemen

Apa saja keuntungan memiliki Apartemen dan Rumah?

  • Apartemen

  1. Lokasi lebih mudah dijangkau karena biasanya pembangunan apartemen strategis dan dekat dengan perkantoran. Apabila kita memiliki mobilitas yang sangat tinggi, pemilihan apartemen sangat tepat.
  2. Biasanya memiliki fasilitas yang diinginkan dalam gaya hidup masyarakat masa kini, seperti kolam renang, pusat perbelanjaan, bahkan ada beberapa yang memiliki lapangan tenis, dan pusat kebugaran.
  3. Lebih praktis dalam mengurus kebersihan dan pemeliharaaan hunian. Ini dikarenakan seperti yang sudah disebutkan di atas menjadi tanggung jawab pihak pengelola. Kita hanya perlu membayar biaya yang ditetapkan.
  • Rumah

  1. Jangan lupa sekali lagi bahwa membeli rumah berarti membeli lahan juga. Kita bisa mewujudkan mimpi untuk menata ruang atau lahan menjadi lebih menarik seperti membuat taman, ruang baca outdoor, tempat bermain dan sebagainya. Ini yang tidak bisa diwujudkan pada apartemen yang biasanya punya ruang terbatas
  2. Dengan berbekal sertifikat hak milik sebuah rumah bisa dijual kembali atau digadaikan saat butuh dana untuk kebutuhan mendesak.
  3. Kenyamanan karena punya dua kepemilikan sekaligus yaitu kepemilikan tanah dan rumah.

Dengan mempertimbangkan setiap hal yang sudah dijelaskan di atas, kita bisa membuat pilihan-pilihan bijak untuk hunian yang akan kita putuskan. Selamat memilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *