Percaya Atau Tidak, Ini Alasan Mengapa Angka 4 dan 13 Ditiadakan Pada Gedung Bertingkat

tombol liftPernahkah Anda dengan sengaja memperhatikan angka-angka pada lift ketika Anda berniat menaiki sebuah gedung bertingkat? Seperti rumah sakit, apartemen, hotel dan sebagainya. Jika Anda amati, angka 4 dan 13 hampir pasti ditiadakan pada tombol lift. Mungkin Anda sempat bertanya-tanya, mengapa demikian? Apakah sekedar permainan angka, atau lantai tersebut benar-benar dikosongkan?

Nah, jika Anda penasaran, simak beberapa penjelasan berikut ini.

Tak hanya angka 4 dan 13, unsur-unsurnya pun turut dihilangkan. Sehingga jika sebuah gedung diklaim memiliki 30 lantai, biasanya hanya terdiri dari 25 lantai aja. Angka 4, 13, 14, 22 serta 24 dihilangkan. Atau jika tidak dihilangkan, mereka menyiasatinya dengan menggunakan huruf B, contohnya 3B.

1. Angka 4 disebut angka kematian

Dalam bahasa Mandarin, angka 4 disebut shi yang lafalnya mirip dengan kata mati. Sehingga bagi developer atau pemilik gedung, angka 4 ini sebaiknya dihilangkan agar tidak membawa sial. Begitu pula bagi para pengguna lift yang tentu saja ingin selamat sampai ke tujuan, angka 4 ditiadakan demi kenyamanan bersama.

2. Angka 4 dianggap ketidakseimbangan

Angka 4 disebut-sebut mirip dengan kursi terbalik. Ini dianggap menandakan ketidakseimbangan, terutama bagi pemilik jabatan atau kedudukan. Bagi yang memiliki kedudukan, dikhawatirkan akan jatuh atau turun dari jabatannya semula. Nah, itu sebabnya angka 4 akhirnya ditiadakan pada gedung bertingkat termasuk lift.

3. Angka 13 dianggap angka sial

Dasar pemikiran mengapa angka 13 disebut sebagai angka sial sebenarnya dari pandangan orang Barat pada Friday, 13th. Sehingga angka 13 ditiadakan sama dengan angka 4. Tak hanya itu, kedua unsur pada angka 13 yaitu 1 dan 3 jika dijumlahkan hasilnya juga merujuk angka 4.

4. Phobia angka 4 dan 13

Ternyata ada sebagian orang yang memiliki phobia angka 4 dan 13. Phobia angka 4 disebut tetraphobia, sedangkan phobia angka 13 disebut triskaidekaphobia. Demi kenyamanan bersama, para pemilik gedung biasanya meniadakan angka-angka tersebut sehingga tamu-tamu mereka yang berasal dari berbagai kalangan bisa berkunjung dengan tenang.

Itu dia beberapa alasan mengapa angka 4 dan 13 ditiadakan pada gedung bertingkat. Percaya atau tidak, semua kembali kepada pribadi masing-masing. Semoga bermanfaat!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *