3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Renovasi Apartemen

3 hal yang harus diperhatikan sebelum renovasi apartemenMembeli atau menyewa apartemen merupakan sebuah pengalaman mendebarkan. Anda pasti sudah tak sabar menempati sekaligus merenovasi unit apartemen Anda sesuai keinginan. Seperti mengubah warna cat, mengatur letak perabotan, menentukan letak hiasan dan sebagainya.

Namun, sebelum Anda memutuskan merenovasi sendiri atau memanggil desainer interior, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti berikut ini :

1. Cari kekurangan atau cacat pada hunian Anda

Ketika Anda pindah ke apartemen yang baru dibangun, pastikan Anda bersama dengan pengembang untuk melihat kekurangan atau cacat apa yang ada di dalam hunian Anda. Setelah mendapatkan kunci, Anda bisa mencatat cacat apa saja yang Anda temukan untuk diberikan kepada pengembang serta memberikan mereka waktu satu bulan untuk memperbaikinya.

3 hal yang harus diperhatikan sebelum renovasi apartemen2. Ketahui larangan atau pembatasan yang ditetapkan manajemen pengembang

Biasanya pengembang memiliki batasan-batasan tertentu yang melarang pemiliknya mengubah bangunan atau membuat bangunan tambahan secara permanen. Mereka khawatir hal tersebut dapat mempengaruhi fasad bangunan secara keseluruhan.

Bahkan biasanya Anda perlu membangun langit-langit palsu untuk memasang kabel dan pencahayaan daripada harus menjebol beton yang ada. Karenanya Anda harus tahu larangan atau batasan-batasan apa yang ditetapkan oleh manajemen pengembang, untuk menghindari kesia-siaan karena terhambatnya renovasi.

Baca juga :

3. Pikirkan masa depan

Jika Anda merupakan pengantin baru yang memilih unit apartemen kecil dan berniat memiliki anak dalam jangka waktu dekat, sebaiknya tidak perlu terlalu banyak merenovasi bangunan. Karena suatu saat Anda akan menyewakan atau menjual unit Anda dan pindah ke unit yang lebih besar. Jadi, pikirkan juga apakah Anda akan tinggal dalam waktu lama atau hanya sesaat saja.

Itulah 3 hal yang harus diperhatikan sebelum renovasi apartemen. Semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Leave a Reply