Tata Cara Peletakan Barang dalam Kulkas Berikut Ini Akan Membantu Anda Saat Ada dalam Hunian Baru

appliance-1767311_1920
Sumber: Thor_Deichmann

Dalam artikel sebelumnya, kita telah mengetahui fungsi kulkas untuk menyimpan aneka macam barang. Kita pun telah mengetahui tata letaknya yang tidak terbatas hanya pada satu ruang hunian, bahkan bisa diletakkan di dekat workspace kamar tidur guna mempermudah pengambilan barang saat bekerja.

Permasalahan muncul ketika kita membawa berbagai macam barang bawaan. Semakin bervariasi bawaan kita, semakin keras pula upaya kita untuk mengatur peletakannya. Di satu sisi, tidak mungkin kita hanya meletakkan barang-barang yang ada untuk memperindah kulkas tanpa memperhatikan unsur internalnya, seperti keamanan dan keawetannya, supaya ruangan tempat kulkas tersebut berada tetap bersih.

Agar tidak mengganggu kebersihan maupun bau dalam ruangan apartemen maupun rumah kita, ada baiknya kita memperhatikan tata cara peletakan barang dalam kulkas berikut ini:

1. Taruh Bahan Makanan Packing di Rak Atas

refrigerator-1619676_1920
Sumber: stevepb

Apakah Anda seorang orang pindahan yang tidak terlalu bisa memasak, di mana membeli bahan makanan yang dipak (atau packing) merupakan sesuatu yang sering Anda lakukan?

Bila jawaban Anda atas pertanyaan di atas adalah, “Ya,” barangkali Anda akan menemukan barang dalam kulkas penuh di bagian rak atas. Persoalannya, kebanyakan bahan makanan packing memiliki ukuran yang kecil, praktis, selain itu juga cenderung memiliki kadaluwarsa yang lebih singkat dibandingkan dengan produk-produk steril seperti jarum suntik atau obat-obatan.

Ketika diletakkan di bagian atas rak, makanan packing yang berukuran cenderung kecil akan lebih mudah untuk dilihat, mengingat kecenderungan orang adalah melihat rak atas kulkas terlebih dahulu. Hasilnya, ketika sewaktu-waktu hendak dibawa, peletakan makanan packing yang praktis tidak akan menyulitkan kita.

Kondisinya yang memiliki tenggat waktu kadaluwarsa juga membuat bahan makanan packing menjadi tepat ditaruh di bagian atas rak. Dengan ditaruh di “tempat prioritas” ini, kita akan tahu kalau makanan packing harus menjadi yang pertama-tama habis terpakai dibandingkan dengan barang-barang dalam kulkas lainnya.

2. Barang Berukuran Besar dan/atau Mentah di Bagian Bawah

frozen-food-1336013_1920
Sumber: ElasticComputeFarm

Dibandingkan dengan bagian atas rak kulkas, bagian bawah sering menjadi bagian yang dingin dan mengembun. Di saat yang bersamaan, bagian bawah rak adalah tempat yang tepat untuk menampung barang-barang yang ukurannya lebih besar.

Terlepas dari jenis kulkasnya, barang-barang dalam kulkas yang biasanya diletakkan di bawah cenderung diangkat bersamaan dengan rak kulkasnya. Karena itu, bagian bawah cocok untuk “dihuni” barang-barang semacam botol minum yang lebih dari 1 liter atau bahan-bahan makanan berukuran besar, seperti sawi atau bayam.

Ada beberapa kasus di mana sleeping bag atau aneka macam pakaian ditaruh di kulkas, sebagaimana disinggung pada artikel sebelumnya. Kendati ada beberapa jenis pakaian yang ukurannya tidak lebih besar atau berat dari makanan packing-an, ada baiknya menaruh di bagian bawah.

Selain produk-produk kain ini difungsikan sebagai “alas kulkas”, peletakannya di bagian bawah dijamin tidak akan mengganggu pandangan saat hendak mengambil barang-barang yang lebih prioritas pada kulkas. Lagipula dengan menaruhnya di bagian bawah, kita akan dapat memfungsikan kulkas seperti laci penyimpanan pakaian pada umumnya.

Hanya saja, ingat untuk meletakkannya dalam rak yang berurutan. Pasalnya, tidak mungkin kita menaruh baju bersamaan dengan bahan makanan seperti sawi dan bayam atau semacamnya dalam satu rak yang bersamaan. Karena itu, meskipun ditaruh di bagian terbawah, kita perlu mempertimbangkan urutan peletakannya.

3. Bagian Obat-Obatan di Sisi Kulkas

full-fridge-1729678_1920
Sumber: Alexas_Fotos

Karena kulkas masa kini bukan hanya sekadar menjadi penyimpanan bahan-bahan makanan, kita bisa memfungsikan kulkas untuk jenis penyimpanan yang berbeda. Untuk poin ini, kita akan melihat tata cara penyimpanan obat pada kulkas yang lebih “khusus” dibandingkan bahan makanan atau tumpukan pakaian.

Pertama-tama, lebih baik untuk menaruh obat di sisi pintu kulkas. Terlepas dari jenis dan ukuran kulkas yang kita miliki dalam hunian kita, obat merupakan barang yang steril dan beberapa obat juga cenderung memiliki tanggal kadaluwarsa yang panjang, sehingga peletakan di sisi kiri atau kanan kulkas akan lebih baik.

Lagipula, sisi kiri maupun kanan kulkas biasanya telah dilengkapi dengan rak penyimpanan tertutup, di mana rak ini sudah lengket dengan pintu kulkas. Rak penyimpanan maupun peletakan di sisi pintu seperti ini akan membuat obat menjadi aman dari pencuri dan penjahat apartemen atau hunian jenis lain sekaligus mudah diraih oleh jari manusia saat terjadi kecelakaan dalam hunian.

***

Singkatnya, bila kita belum meletakkan bahan makanan packing di rak atas, bahan-bahan “berat” nan mentah seperti pakaian atau botol minum besar di bagian bawah secara berurutan sesuai jenisnya, dan obat-obatan di sisi kiri atau kanan, maka mari, saat ini kita lebih memperhatikan cara meletakkan barang dalam kulkas pada hunian kita.

Dengan demikian, hunian kita menjadi hunian yang bersih, asri, sekaligus mengundang orang untuk selalu datang ke tempat kita. Akhir kata, selamat menciptakan hunian yang bersih dan asri dengan bantuan meletakkan barang dalam kulkas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *