Bukan Sekadar Benda Keras, Ini Dia Fungsi Papan Kayu untuk Desain Ruang Hunian

question-mark-2123968_1920
Sumber: TeroVesalainen

Karena teksturnya yang kasar, papan kayu sering dianggap sebagai benda yang cukup merepotkan sebagai hiasan rumah atau apartemen. Tidak heran, popularitasnya kalah bila dibandingkan dengan bata ringan untuk fondasi bangunan atau granit untuk lapisan dinding dapur.

Siapa sangka, ternyata papan kayu dapat berfungsi lewat banyak hal dalam sebuah hunian. Bahkan, bila digunakan dengan tepat, fungsi papan kayu untuk desain hunian dapat menjadi se-mutakhir bata ringan, granit, atau sejenisnya yang terlebih dahulu populer.

Berikut ini adalah fungsi papan kayu untuk desain hunian yang lebih indah, ekonomis, sekaligus kreatif:

1. Menjadi Rak Penyimpanan yang Menempel di Tembok

shield-2377639_1920
Sumber: Alexandra_Koch

Sekadar rak penyimpanan mungkin sudah biasa. Buktinya, beberapa jenis rak penyimpanan termasuk dalam perabot hunian yang tidak memerlukan perlindungan khusus.

Beda ceritanya kalau rak penyimpanan menjadi satu dengan tembok. Sejatinya, itulah yang saat ini sedang trending, dengan hunian berkonsep minimalis sebagai “langganan tetap”-nya. Bukan hanya praktis, namun rak penyimpanan yang terbuat dari papan kayu dan tergabung dengan tembok ini juga memiliki berbagai fungsi yang tidak kalah menariknya.

Apabila dimungkinkan, fungsi papan kayu untuk desain rak penyimpanan yang melekat di tembok semacam ini akan dapat memuat hingga ratusan buku dalam satu rak. Lebih ekstrimnya, ada yang dapat menyimpan pakaian lengkap dalam papan kayu yang dapat didorong ke dalam tembok. Sungguh keren dan dahsyat, bukan?

2. Menjadi Meja yang Panjang dan Kuat

apple-1850613_1920
Sumber: Pexels

Fungsi papan kayu untuk desain tidak berhenti di sekadar menjadi pembentuk rak penyimpanan yang ekonomis sekaligus kuat menampung berbagai macam benda sekaligus. Sebaliknya, papan kayu juga dapat digunakan untuk menjadi meja panjang nan kuat dan ditempelkan di sudut ruangan.

Sama seperti rak penyimpanan yang menempel di tembok, papan kayu yang digunakan untuk mendesain meja menempel dengan material lainnya. Penempelan material dengan papan kayu untuk meja ini memperhatikan nilai estetika maupun kenyamanan, sehingga fungsi papan kayu untuk desain hunian menjadi lebih maksimal.

Biasanya demi nilai estetika yang lebih tinggi, meja panjang dari papan kayu dilekatkan dengan besi yang dibentuk spiral atau semacamnya, dan diletakkan tepat berhadap-hadapan dengan jendela yang menangkap sinar matahari.

Beberapa hunian ada yang merekatkan papan kayu dengan sesama papan kayu untuk membentuk meja, dalam hal ini biasanya adalah meja berukuran besar seperti meja kerja pada umumnya.

Perekatan papan kayu dengan sesama papan kayu seperti ini menunjang kenyamanan, mengingat kita dapat menaruh banyak hal di atasnya tanpa harus takut papan kayu jatuh, termasuk kalender sebagai pengingat jadwal yang “wajib” ada di sekitar meja kerja yang melibatkan “janji-janji bisnis”.

3. Tempat Menaruh Tanaman Pot

holzstapel-1809267_1920
Sumber: suju

Saat ini, tanaman pot tidak terbatas pada tanaman yang diletakkan di atas lantai. Alih-alih, dalam banyak hunian semacam apartemen sewaan, kita banyak menemui tanaman yang potnya menggelantung di atas jendela.

Bila tanaman ini dibiarkan menggelantung di atas jendela bersama potnya, tentu tidak akan seindah apabila diberikan “tempat khusus” untuk menampungnya. Dari sini, fungsi papan kayu untuk desain tidak hanya berhenti sebagai pajangan yang sekali pakai langsung buang. Sebaliknya, papan kayu dapat “menjelma” menjadi tempat menaruh tanaman pot di jendela yang indah.

Lihat saja papan kayu yang dipotong persegi atau persegi panjang berukuran kecil. Bila itu bersatu dengan tembok dari bata dan tanaman bunga berwarna-warni, maka hal tersebut akan membuat tanaman tersebut terlihat mungil, cantik, dan bersih. Bukan hanya elok dipandang, namun juga memberikan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan mata yang memandangnya.

***

Bila kita melihat ketiga fungsi papan kayu untuk desain seperti di atas, kita akan tahu kalau papan kayu bukan barang kasar yang merugikan saat dibuat menjadi desain. Alih-alih, papan kayu dapat difungsikan sedemikian rupa sehingga keseluruhan desainnya akan menjadi kreatif, elok, namun juga bermanfaat dan praktis bagi penghuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *