Antara Apartemen Pusat Kota atau Dekat dengan Proyek, Mana yang Lebih Baik?

apartment-2094701_1920
Sumber: jarmoluk

Apartemen yang unitnya selalu terjual atau sering laku dipasarkan pada umumnya memiliki keunggulan tersendiri yang membuatnya unik.  Dua di antara keunggulan apartemen yang selalu laris manis berhubungan dengan letaknya, yakni antara apartemen tersebut berada di pusat kota atau dekat dengan proyek-proyek pembangunan yang penting.

Terlepas dari keunggulan letak apartemen yang senantiasa laris-manis, ada perbedaan keunggulan dan kelemahan antara apartemen pusat kota dengan apartemen yang dekat dengan proyek. Berikut ini adalah ulasan perbandingannya:

Apartemen Pusat Kota

apartment-building-1149751_1920
Sumber: Free-Photos

Mal dan pusat perbelanjaan merupakan dua kekuatan utama dari apartemen pusat kota. Karena itu, apartemen yang terletak di pusat kota merupakan pilihan sempurna bagi kita yang menyukai keramaian dan kehidupan di sekitar apartemen yang asyik tanpa harus mengganggu ketertiban warga sekitar.

Selain itu, apartemen yang terletak di pusat kota juga memiliki akses yang aman. Karena letaknya di pusat aktivitas, maka kita dapat yakin akan sistem keamanan yang terletak di seluruh penjuru apartemen. Bukan hanya aman pada saat berbelanja, namun kita juga aman ketika hendak membeli barang-barang kebutuhan selama tinggal di apartemen.

Sayang sekali, apartemen pusat kota sama sekali tidak cocok bagi kita yang berniat menjadikan apartemen tempat investasi. Memang apartemen-apartemen ini terlihat indah dan gemerlap dengan dibantu oleh adanya keragaman pusat aktivitas kota di sekitar, namun biaya keseluruhan sewa yang mahal dapat membuat investor menjadi “ilfeel“, terutama untuk investor pemula.

Sudah begitu, apartemen pusat kota sering jauh dari proyek pembangunan. Sekalipun proyek apartemen terus ber-progress dan berevolusi, apartemen semacam ini dapat menjadi membosankan, mengingat telah banyak apartemen serupa yang terletak di pusat kota.

Apartemen yang Dekat dengan Proyek Penting

facade-1031515_1920
Sumber: Free-Photos

Yang dimaksud dengan “proyek penting” adalah proyek-proyek apapun yang berkaitan dengan pembangunan jalan, entah itu untuk pejalan kaki atau kendaraan semacam kereta api dan monorel. Karena konsepnya yang unik, apartemen semacam ini dapat saja lebih laris dibandingkan apartemen pusat kota yang sudah mulai menjadi mainstream.

Apartemen yang lokasinya terletak dekat dengan proyek juga merupakan apartemen yang cocok untuk berinvestasi. Selain biaya sewa apartemen yang relatif murah, banyak apartemen yang dekat dengan pembangunan proyek yang menunjukkan tingkat pengembalian investasi yang meningkat dari tahun ke tahun, sehingga investor tidak akan rugi berinvestasi di dalamnya.

Salah satu kekurangan dari apartemen yang dekat dengan proyek penting adalah pemandangan di sekitarnya. Bila kita menginginkan untuk membeli atau tinggal di apartemen semacam ini, sebaiknya kita lupakan pusat keramaian yang gemerlap nan menggoda, karena dijamin itu semua tidak akan kita temui.

Tambahannya, kita juga perlu tahu apartemen yang dekat dengan proyek pembangunan cenderung memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah dibandingkan dengan apartemen pusat kota. Karenanya, penting bagi kita untuk membawa barang-barang yang dapat menunjang keamanan tinggal kita dalam apartemen semacam ini, atau kita akan lebih jenuh tinggal di dalamnya.

***

Kesimpulannya, tujuan pembelian apartemen perlu kita masukkan dalam pertimbangan saat hendak memutuskan mana yang lebih baik antara apartemen pusat kota atau apartemen yang dekat dengan proyek-proyek semacam pembangunan jalan.

Bila kita memilih apartemen yang layak huni dan akses yang lebih luas ke pusat-pusat keramaian yang mewah nan glamor, apartemen pusat kota adalah apartemen yang lebih baik untuk menjawab kebutuhan kita dalam tinggal di apartemen.

Sebaliknya, bagi kita yang berpikir untuk berinvestasi atau menjadi kaya lewat apartemen, apartemen yang dekat dengan proyek penting dapat menjadi pilihan kita, mengingat apartemen-apartemen semacam ini memiliki tingkat pengembalian yang konsisten tinggi dari tahun ke tahun.

Akhirnya, kita dapat memantapkan pilihan apartemen yang paling cocok untuk diri kita lewat berbagai macam cara, misalnya dengan melihat-lihat pada situs ini atau jual-apartemen.com. Jadi, apartemen dengan setting letak mana yang hendak kita pilih?

Leave a Reply