10 Cara Mudah Pasang Wallpaper Ala Tukang Profesional

10 cara mudah pasang wallpaper ala tukang profesionalBosan dengan tampilan dinding apartemen yang itu-itu saja? Coba ganti wallpaper Anda. Tak perlu memanggil jasa pemasangan wallpaper, Anda pun bisa melakukannya sendiri serapi tukang profesional. Penasaran bagaimana caranya? Simak 10 cara mudah pasang wallpaper ala tukang profesional berikut ini.

1. Persiapkan peralatan

Sebelumnya, persiapkan dahulu peralatan yang diperlukan seperti tangga, cutter, penggaris, alas plastik, meteran, benang dengan pemberat, lem wallpaper, spons, kuas lem, bak untuk adukan lem (2 buah), roller, amplas serta kape untuk meratakan dinding.

2. Campurkan lem

Setelah dinding bersih atau permukaan sudah siap, campurkan lem dengan air. Buat dalam dua bak terpisah yaitu satu bak untuk lem sambungan dan satu bak untuk lem keseluruhan. Lem bagian sambungan harus lebih kental agar berdaya rekat tinggi.

3. Ukur bidang

Selanjutnya, ukurlah panjang dan lebar bidang yang akan dilapisi wallpaper, lalu sesuaikan lebar bidang dengan lebar pada wallpaper. Lebihkan sekitar 1 hingga 1,5 sentimeter untuk bagian sambungannya.

Baca juga :

4. Pemotongan

Potonglah panjang wallpaper menjadi panel-panel, namun jangan lupa tetap sesuaikan dengan kebutuhan. Perhatikan petunjuk pemasangan yang terdapat pada kertas keterangan di setiap kemasan. Anda akan menemukan cara memotong wallpaper sekaligus menyerasikan motif antar panelnya.

5. Posisi wallpaper

Tandai posisi wallpaper menggunakan pensil. Agar lurus dan rapi, gunakan alat bantu berupa benang dan pemberatnya.

6. Melapisi

Setelah Anda selesai menandai posisi wallpaper, selanjutnya sapukan lem dengan roller pada permukaan dinding yang akan dilapisi wallpaper. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan.

7. Menempel wallpaper

Tempel wallpaper dengan hati-hati. Perhatikan tanda yang telah Anda buat pada wallpaper menggunakan pensil tadi.

10 cara mudah pasang wallpaper ala tukang profesional8. Sambungan wallpaper

Agar bagian sambungan lebih kuat, gunakan lem lebih kental yang disediakan tadi. Sapukan dengan kuas khusus pada bagian sambungan ini.

9. Meratakan

Tahap selanjutnya, ratakan wallpaper yang telah terpasang dengan penggaris akrilik. Lalu potong sisa wallpaper menggunakan cutter dan gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem yang ada.

10. Cek kembali

Setelah wallpaper terpasang sempurna, cek kembali untuk memastikan kerapiannya. Terutama cek pada bagian sudut dan sambungan wallpaper tersebut.

Itulah 10 cara mudah memasang wallpaper sendiri. Dan dinding cantik akan siap menghias ruangan apartemen Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply