Ingin Bugar Tiap Saat? Tips Menciptakan Ruang Kebugaran Pribadi dalam Hunian Ini Dapat Menjadi Acuan Anda

exercise-1284374_1920Sumber: Pexels

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai perbandingan letak pusat kebugaran di sekitar apartemen yang kita tinggali. Dalam artikel tersebut, kita tahu kebanyakan pusat kebugaran yang ada memiliki aneka ragam variasi permainan yang kompetitif.

Kendati demikian, kompetitif saja belum cukup kalau menyangkut soal menjaga kesehatan. Ada kalanya kita perlu mengombinasikan dengan suasana santai saat berada dalam hunian, entah itu rumah sewaan atau apartemen yang kita tinggali.

Dalam hal ini, membuat sendiri ruang kebugaran pribadi merupakan solusi terbaik untuk menciptakan suasana kompetitif sekaligus santai yang dapat membantu kita bugar tiap saat. Berikut ini adalah poin-poin tips yang harus kita perhatikan agar ruang kebugaran pribadi dapat menjadi sarana kita untuk tampil segar dan bugar:

1. Perhatikan Penempatan Ruang Kebugaran Pribadi

workout-1931107_1920Sumber: ArtCoreStudios

Esensi dari ruang kebugaran pribadi adalah membuat tubuh penghuni tetap bugar sambil menciptakan kenyamanan yang privat dan bebas bising. Karena itu, peletakan ruang kebugaran pribadi harus sesuai dengan esensinya. Dalam hal ini, kita dapat meletakkan ruang dekat kamar tidur maupun jauh dari ruangan-ruangan lain.

Ruang kebugaran privat yang diletakkan di dekat kamar tidur akan memberikan kesan privasi dan kebebasan yang lebih, mengingat natur kamar tidur yang juga merupakan ruang pribadi seseorang. Lagipula, peletakan ruang semacam ini akan memancing komitmen dari diri kita untuk rajin berolahraga, karena begitu bangun pagi langsung bisa melihat ruang kebugaran sendiri.

Di samping itu, adalah baik untuk menjauhkan ruang kebugaran yang didesain untuk kita sendiri dari ruang-ruang lain yang berpotensi menimbulkan kebisingan. Contohnya, kita tidak akan mau menaruh di sekitar ruang tamu atau ruang makan, di mana kedua ruangan ini cenderung ramai, banyak orang bertamu, dan karenanya berpotensi menimbulkan kegaduhan.

2. Persiapkan Alat-Alat yang Dibutuhkan

gym-room-1178293_1920
Sumber: janeb13

Ruang kebugaran pribadi boleh saja identik dengan kebebasan pribadi dalam berekspresi sambil tetap bugar, namun kita juga tidak boleh melupakan arti “kebugaran” yang terkandung di dalamnya.

Di sinilah, seringkali kita menjadi terlena dengan privasi dan kenyamanan ekstra yang ditawarkan. Mentang-mentang ruang sendiri dan letaknya dekat ruang pribadi kita satunya lagi (halo, kamar tidur!), kita jadi lupa untuk membawa alat-alat yang menunjang kegiatan olahraga kita.

Jangan salah, karena kelalaian semacam ini akan membuat kita semakin jauh dari tujuan kita semula, yakni untuk merasa bugar sepanjang hari. Sebaliknya, inilah saat di mana kita berkreasi dengan ruang kebugaran pribadi kita, yakni membawa berbagai macam alat yang dapat memfasilitasi menu olahraga yang kita butuhkan.

Yang jelas, matras, barbel, dan lemari penuh berisi baju senam wajib ada dalam ruang kebugaran pribadi kita. Alasannya, ketiga benda ini akan banyak terpakai untuk berbagai permainan olahraga yang kita mainkan di sekitar ruang kebugaran pribadi kita. Bila memungkinkan, bisa saja menjinjing alat olahraga lain yang lebih berat seperti treadmill atau sepeda statis.

3. Buatlah Ruang Kebugaran Anda Menjadi Digital

apple-watch-1694985_1920Sumber: ErikaWittlieb

Saat ini, telah banyak hunian yang mengusung konsep digital. Bukan hanya di negara maju, namun di daerah-daerah yang maju seperti Jakarta pun banyak hunian yang mengedepankan teknologi tinggi di dalamnya.

Karena itu, sayang sekali apabila bagian apartemen yang “kosongan” tidak Anda manfaatkan dengan baik. Agar ruang kebugaran pribadi lebih menyenangkan, ada baiknya kita menjadikan mayoritas alat-alat di dalamnya se-digital mungkin.

Bila dimungkinkan, dapat juga kita menyambungkan alat-alat yang telah kita siapkan pada poin sebelumnya pada teknologi digital khusus olahraga. Bagi penghuni apartemen (biasanya apartemen unfurnished) yang membawa treadmill, sepeda statis, atau sejenisnya, cara yang umum digunakan adalah membawa smartwatch yang dapat memantau detak jantung selama kegiatan atau profil kesehatan secara umum.

Alternatifnya, komputer dengan robot virtual assistant untuk memonitor kesehatan juga cocok untuk diterapkan pada ruang kebugaran pribadi. Dengan display gambar yang lebih besar dan pencahayaan yang dapat diatur, komputer-komputer ber-virtual assistant semacam ini akan dapat menolong kita saat sedang berolahraga di tempat pribadi yang jauh dari keramaian sekalipun.

***

Dengan memperhatikan ketiga tips menata ruang kebugaran pribadi di sekitar hunian seperti di atas, suasana kompetitif maupun santai saat berolahraga akan dapat diseimbangkan dengan baik. Imbasnya, kita akan menjadi orang-orang yang semakin segar bugar.

Jadi, siapkah Anda menata ruang kebugaran pribadi Anda sendiri? Mari, kita cari hunian yang dapat mengakomodasi kebutuhan kita akan kesehatan di situs sewa-apartemen.net ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *