Mana yang Lebih Baik bagi Pusat Kebugaran, di Dalam Apartemen atau di Luar Apartemen?

running-shoes-1428048_1920
Sumber: annca

Adanya banyak fasilitas pendukung gaya hidup sehat merupakan bukti gaya hidup ini menjadi yang paling banyak dianut masyarakat masa kini. Berbagai pusat kesehatan atau kebugaran yang berkembang pesat di kota-kota besar merupakan beberapa bukti di mana gaya hidup sehat menjadi sesuatu yang baik bagi masyarakat masa kini.

Di beberapa apartemen, pusat-pusat kebugaran semacam ini dapat dijangkau dengan sangat mudah karena telah menjadi satu dengan bangunan apartemen. Kendati demikian, ada beberapa orang yang harus berjalan beberapa meter dari apartemen yang mereka sewa atau beli, mengingat pusat kebugaran tidak terdapat pada apartemen mereka.

Terlepas dari itu semua, peletakan pusat kebugaran di dalam maupun luar apartemen memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk tiap orang yang berbeda-beda. Berikut ini adalah ulasannya:

Pusat Kebugaran dalam Apartemen

sports-ground-609715_1920Sumber: Hans

Variasi permainan olahraga yang lebih banyak merupakan daya tarik utama dari pusat kesehatan atau kebugaran yang berada di dalam lokasi apartemen. Yang lebih hebatnya, beberapa variasi permainan olahraga di dalamnya tidak dapat ditemui di pusat-pusat olahraga lainnya. Berbagai permainan olahraga 3D adalah contohnya, seperti mini golf course dengan virtual caddy yang sangat addicting dan menunjang semangat olahraga.

Keberuntungan berikutnya dari penghuni apartemen yang apartemennya memiliki akses ke pusat kebugaran adalah pengaturan jadwal yang lebih fleksibel. Kendati hampir semua pusat olahraga memiliki hal ini, pusat yang berada di dalam apartemen lebih memiliki fleksibilitas dikarenakan kita dapat bolak-balik mencoba permainan olahraga yang kita suka sepuasnya tanpa harus takut menempuh perjalanan ke pusat kesehatan yang jauh.

Sayangnya, kita perlu ingat jarak yang luar biasa terjangkau ini dapat menjadi bumerang. Memang, kita bisa mencoba berbagai permainan olahraga sesuka kita, namun karena dekat dengan unit kamar, bisa saja godaan istirahat yang terlalu banyak itu bisa menghampiri.

Selain itu, umumnya apartemen yang memiliki pusat kebugaran di dalamnya cenderung berharga sewa yang mahal. Jadi, pusat olahraga yang terintegrasi dengan apartemen semacam ini tidak cocok bagi calon penghuni yang ingin menghemat biaya sewa apartemen.

Pusat yang Berada di Luar Apartemen

gym-455164_1920
Sumber: stevepb

Dibandingkan dengan pusat kesehatan yang berada di dalam atau menjadi satu dengan apartemen, apartemen yang pusat kebugarannya berada di zona luar cenderung memiliki harga yang murah. Terlepas dari apakah letak pusat kebugaran tersebut berada jauh atau dekat dari kompleks apartemen, harga keseluruhan yang murah membuatnya bersaing dengan letak pusat yang di dalam apartemen.

Selain itu, karena letak pusat kebugaran jauh dari tempat tinggal, kita lebih dapat fokus terhadap rutinitas olahraga yang dikerjakan. Tidak seperti pusat yang diletakkan di dalam apartemen, godaan untuk beristirahat terlalu lama tidak akan ada. Hasilnya, peluang untuk menjadi sehat akan lebih terbuka.

Sayang sekali, pusat yang letaknya di luar zona apartemen biasanya tidak terlalu banyak memiliki variasi permainan. Kalaupun ada, siap-siap saja dengan treadmill, bola senam, atau arena basket mini yang sudah menjadi mainstream. Untuk pecinta olahraga 3D, sebaiknya lupakan pusat-pusat yang letaknya jauh dari apartemen karena keinginan Anda sayangnya tidak dapat terwujud.

Perlu diperhatikan juga letak pusat kebugaran yang berada di luar apartemen mungkin tidak terlalu bersahabat bagi kaum profesional yang suka diburu waktu. Kita tidak dapat sesukanya datang ke arena pusat kapan saja, karena letaknya bisa saja jauh dan anggota tubuh kita pun punya batas kekuatan untuk mencapainya.

***

Melalui perbandingan di atas, kita dapat melihat pusat kebugaran lebih baik berada di dalam apartemen. Mungkin itu menjadikan harga sewa apartemen lebih mahal, namun paling tidak, variasi permainannya lebih banyak dan kita dapat leluasa mencoba permainan olahraga favorit kita berkali-kali dibandingkan saat pusat kebugaran tersebut berada di luar area apartemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *